Bisa Dipercaya

Bank Indonesia Luncurkan Uang Rupiah Emisi 2016

PELUNCURAN-Bank Indonesia resmi meluncurkan uang rupiah terbaru emisi 2016 di Jakarta, Senin (19/12)

Palembang- Pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang rupiah periode emisi 2016 di Jakarta, Senin (19/12). Uang rupiah terbaru ini masih memakai gambar para pahlawan, tokoh masyarakat yang terdiri dari tujuh pecahan uang rupiah kertas, yakni pecahan kertas Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu, dan Rp1.000. Untuk pecahan uang rupiah logam terdiri dari pecahan logam Rp1.000, logam pecahan Rp500 logam pecahan Rp200 logam, dan logam pecahan Rp100.

Peluncuran uang rupiah emisi tahun 2016 diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan mencintai rupiah adalah wujud dari kecintaan kepada kedaulatan, dan kemandirian bangsa Indonesia. Sebab, setiap lembaran rupiah merupakan wujud kecintaan dan kedaulatan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dengan bertransaksi menggunakan uang rupiah merupakan bukti kemandirian ekonomi kita di tengah ekonomi dunia,” ungkap Jokowi.

Jokowi menjelaskan, tampilan gambar di setiap pecahan terbaru rupiah merupakan wujud kecintaan budaya, dan karakteristik bangsa Indonesia. Terutama dengan menggunakan uang rupiah di setiap transaksi yang dilakukan. Melalui peluncuran ini pemerintah dituntut untuk tetap meningkatkan pengamanan di setiap lembar uang rupiah. Hal ini untuk memotong rantai pemalsuan terhadap mata uang rupiah yang setiap tahun semakin banyak ditemukan indikasi pemalsuan terhadap uang rupiah.

“Karena rupiah adalah ciri khas identitas Indonesia, mari kita jaga martabat dan kedaulatan rupiah di negara kesatuan RI dan seluruh dunia,”tukasnya.

Kepala Kantor Wilayah BI Sumsel Hamid Ponco mengatakan, uang rupiah emisi terbaru 2016 ini di desain menggunakan gambar terbaru dari para pahlawan terkecuali uang kertas pecahan Rp100 ribu, yang tetap mengginakan desain pahlawan Soekarno Hatta. Ia menjelaskan dengan menggunakan desain para pahlawan yang lain, akan lebih mengenalkan kepada masyarakat para pahlawan perjuangan yang ada di Indonesia.

“Kalau untuk yang lama kan masyarakat sudah mengetahuinya, makanya diganti dengan gambar pahlawan yang lainnya,” ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini jumlah uang pecahan rupiah terbaru ini baru dicetak sebanyak 230 juta lembar yang akan didistribusikan di seluruh Indonesia. Sebanyak 10-15 pesen akan didistribusikan untuk wilayah Sumbagesl. Untuk lebih mengenalkan uang rupiah pecahan terbaru ini lanjut Ponco, sejumlah edukasi dilakukan kepada masyarakat baik melalui media cetak maupun turun langsung ke lapangan. Bahkan, pihaknya berencana akan turun ke pasar untuk mengenalkan uang rupiah pecahan terbaru ini kepada masyarakat.

“Saat ini pendistribusikan baru ada di Bengkulu, dan Jambi. Untuk stok sendiri masih sedang diperbanyak oleh Peruri sebagai pencetak uang rupiah. Di awal tahun mudah-mudahan sudah tersebar keseluruh perbankan yang ada,” tutupnya. (korankito.com/ria)