Baru Dibentuk, Tim Anti Bandit Tembak Begal Jakabaring

Palembang- Baru dibentuk satu hari, tim Tekab (Team Khusus Anti Bandit) Polresta Palembang berhasil menangkap dua pelaku begal sepeda motor yang sering meresahkan masyarakat sekitar kawasan Jakabaring, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I, Palembang, Jumat (16/12).

Mereka adalah Erwin (20) bersama temannya Martin (19), warga Kelurahan 8 Ulu, Kecamatan SU I, Palembang. Sementara pelaku lainnya MD (21) saat ini masih dalam pengejaran tim Tekab Polresta Palembang.

Tersangka Erwin terpaksa dilumpuhkan dengan dua timah panas di kaki kanannya lantaran mencoba kabur dan memberikan perlawanan. Kini, keduanya harus merasakan dinginnya balik jeruji besi Mapolresta Palembang.

Berdasarkan data yang dihimpun, kawanan pelaku ini sudah beberapa kali melancarkan aksinya, terakhir para tersangka menodong Muhammad Aris Bangmukti (13) seorang pelajar sekolah menengah pertama (SMP) di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumsel, Minggu (4/12) siang.

Saat itu, korban bersama ketujuh temannya berangkat dari Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel untuk menemui temannya di kawasan Dekranasda, Kecamatan SU I. Namun, belum sempat bertemu, korban istirahat terlebih dahulu, di Jalan Gub HA Bastari, Palembang.

Kemudian, datanglah para pelaku dari arah taman Pelangi, dengan mengendarai dua sepeda motor Honda Beat dan Yamaha Xeon. Dua pelaku langsung mengumpulkan telepon seluler (ponsel) milik korban dan teman-temannya dengan alasan untuk melihat foto-foto. Sementara, pelaku lainnya merampas kunci kontak motor Yamaha milik korban. Setelah mendapatkan barang-barang tersebut pelaku langsung kabur.

“Iya pak, kami yang melakukan itu. Motornya sudah dijual oleh teman saya, uangnya sudah habis, kami gunakan untuk berfoya-foya. Terpaksa, melakukanya karena tidak mempunyai pekerjaan,” ujar tersangka saat gelar perkara di Halaman Mapolresta Palembang.

Kapolresta Palembang AKBP Wahyu Bintono Hari Bawono mengatakan, setelah melakukan penyelidikan, pihaknya berhasil menangkap pelaku begal sepeda motor yang sudah sangat meresahkan masyarakat Kota Palembang terutama kawasan Jakabaring.

“Jadi, tersangka ini merupakan pelaku begal yang berhasil kita ungkap tiga bulan belakang. Ada 18 kasus, 11 di antaranya berhasil kita ungkap dengan 18 pelaku. Mereka ini, tangkapan tim Tekab yang baru dibentuk, dan Satreskrim Polresta Palembang,” katanya.

Modus yang digunakan pelaku bermacam-macam, mulai dari membuntuti korban sampai di tempat yang sepi. Kemudian, pelaku menendang motor korban, dan merampasnya. “TKP-nya semua di wilayah Palembang, termasuk di atas Jembatan Ampera, Jakabaring, dan lainnya,” tutup Kapolresta. (korankito.com/denny)