2017, Prodi PTS Tak Ada Lagi yang Akreditasi C

Palembang – Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II menargetkan pada 2017 tidak ada lagi program studi (prodi) yang masih terakreditasi C.

Dari data yang berhasil dihimpun korankito.com, dari 748 prodi di 217 perguruan tinggi swasta (PTS) di bawah naungan Kopertis Wilayah II, sebanyak 64,57 persen masih terakreditasi C. Inilah yang membuat Ketua Kopertis Wilayah II Slamet Widodo membentuk tim evaluasi kinerja akademik (EKA) yang berfungsi sebagai pendamping peningkatan kompetensi sumber daya manusia dari setiap PTS yang ada di Kopertis Wilayah II.

“Untuk prodi yang masih terakreditasi C di PTS Sumatera Selatan ada 227 prodi dari 372 prodi, di Lampung ada 164 prodi terakreditasi C dari total 248 prodi. Sedangkan di Bengkulu ada 64 prodi terakreditasi C dari total 98 prodi dan di Kepulauan Bangka Belitung ada 28 Prodi terakreditasi C dari 30 Prodi yang ada,” ungkap slamet di ruang kerjanya Jumat (16/12).

Dari data tersebut, kata Slamet, pihaknya menargetkan tahun 2017 mendatang sudah tidak ada lagi prodi yang masih terkareditasi C, kecuali prodi tersebut memang baru dibuka di tahun tersebut. “Awal Januari mendatang kami akan meminta seluruh pimpinan PTS di Kopertis Wilayah II untuk menandatangani fakta integritas terkait peningkatan kualitas PTS-nya, mengingat prodi adalah roh dari PT. Jadi tidak ada alasan lagi bagi PTS untuk menunda reakreditasinya,” tambahnya.

Slamet mengakui yang menjadi kendala reakreditasi adalah sumber daya manusia (SDM) yang kurang sigap untuk meningkatkan kompetensinya. Menurutnya, kurangnya kesadaran para dosen untuk melanjutkankan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta penyusunan jurnal internasional adalah permasalah utama yang dihadapi setiap PTS.

“Maka dari itu, beberapa waktu lalu kami sudah bekerjasama dengan pihak Universitas Gajah Mada (UGM) untuk memberikan kesempatan bagi para dosen yang berminat untuk mengambil pendidikan ke tingkat selanjutnya di sana. Untuk semester ini saja akan kami berangkatkan 290 dosen, dan semester berikutnya akan kami kirim lagi 300 orang untuk kuliah disana dan inilah upaya untuk meningkatkan kualitas SDM untuk meningkatkan juga akreditasi PTS di Kopertis Wilayah II,” katanya.korankito.com/ejak