Pertamina Open 2016, Ajang ACSS Unjuk Gigi

Palembang – Guna mengevaluasi hasil latihan para siswanya, Akademi Catur Sumatera Selatan (ACSS) berpartisipasi dalam Kejuaraan Pertamina Open 2016 Kota Palembang. Di kejuaraan yang bakal dihelat di Balai Pertamina Sungai Gerong, Sabtu (17/12) ini, ACSS mengutus 60 siswa resminya untuk bersaing dengan pecatur umum.

Dikatakan siswa resmi, lantaran ada beberapa non siswa yang telah bergabung di ACSS. Namun, statusnya hanya sekedar latihan setiap hari Minggu. Sehingga meski hanya menumpang latihan di akademi catur pertama di Indonesia tersebut, kualitasnya hampir bisa dikatakan sama.

“Mereka diikutkan dalam event tersebut dengan tidak membawa bendera ACSS. Ada yang dari SD hingga umur 16 tahun, bahkan ada juga mahasiswa yang ikut latihan di sini. Cukup ramai juga,” ujar Direktur ACSS Mursili Tjik Aman.

Diterangkan Mursili, saat ini sebanyak 215 pecatur telah menyatakan diri berpartisipasi dalam ajang tahunan tersebut. Hal ini sangat baik untuk menguji hasil latihan yang didapat oleh orang non-siswa tadi. “Pastinya akan kita manfaatkan, disamping 60 siswa kita yang unjuk gigi dalam kompetisi tersebut,” ucapnya.

Belajar dari pengalaman tahun kemarin, ACSS berhasil menyapu medali emas dari tujuh kategori yang dipertandingkan. Untuk tahun ini, kategori tidak berubah dengan kelas SD, SMP, SMA hingga Umum.

“Apalagi kejuaraan ini untuk non-Master, jadi yang bergelar master dan lain-lain tidak boleh ikut. Sehingga kita juga bisa melihat bibit-bibit potensial dari pecatur Sumsel yang berasal dari umum, siapa tau bisa kita ikut sertakan mereka di ajang yang lebih tinggi membawa nama Sumsel,” pungkasnya. (korankito.com/resha)