Hadapi SFC, Juru Kunci Dicukur Lagi

Palembang – Melanjutkan laga yang tertunda di pekan ke-31 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, Sriwijaya FC mendulang poin penuh di kandang PS TNI. Bentrok dua kubu yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (15/12), Laskar Wong Kito berhasil unggul dengan skor 2-5.

Gol pertama dibuka oleh Airlangga Sucipto (3′, 56′), kemudian Hilton Moriera (21’), Alberto ‘Beto’ Goncalves (43’), dan Yohanis Nabar (75’). Sedangkan dua gol PS TNI disumbang oleh Legimin Raharjo (14’) dan Guntur (91’).

Tiga menit pertama dibuka oleh gol yang diciptakan Airlangga Sucipto. Kolaborasi yang baik dilakukan oleh pemain yang akrab disapa Ronggo ini bersama Manda Cingi, di depan gawang Ravi Murdianto. Tiga pemain belakang terperdaya lewat kombinasi segitiga, hingga berhasil unggul 0-1 terlebih dahulu.

Tak tinggal diam, PS TNI menekan balik tamu. Bola tendangan bebas yang didapat dari pelanggaran oleh Hilton Moriera di dekat kotak penalti, awalnya berhasil dihalau oleh Mauricio Maciel. Namun bola liar tersebut berhasil dieksekusi lagi oleh Legimin Raharjo hingga skor menjadi 1-1 di menit ke-14.

Di menit ke-21, duel sengit antara Hilton Moriera dan Hendri Aprilianto terjadi dan membuka ruang benteng pertahanan PS TNI. Peluang ini dimanfaatkan dengan baik oleh Hilton untuk kembali unggul. Bola berhasil dieksekusi, skor berubah 1-2 untuk Sriwijaya FC.

Tiga menit menjelang babak pertama usai, Beto menambah angka bagi timnya. Pada menit ke-43, berkat umpan silang dari Yohanis Nabar, bomber dari Brasil ini berhasil memanfaatkan peluang di kotak penalti hingga skor menjadi 1-3. Skor bertahan hingga turun minum.

Kembali dari ruang ganti, Laskar Wong Kito tak mengendurkan penetrasinya terhadap tuan rumah. Peluang demi peluang menjadi ancaman untuk Green Army. Di menit ke-56, Airlangga Sucipto kembali memperlebar jarak kemenangan melalui tandukannya. Skor berubah menjadi 1-4.

Yohanis Nabar yang masuk menggantikan M. Ridwan di babak pertama, menambah angka untuk skuadnya. Berkat umpan silang dari Airlangga Sucipto di menit ke-75, Nabar mencetak angka kelima.

PS TNI bukan tanpa perlawanan, peluang berbahaya beberapa kali dilancarkan ke gawang Yogi Triana. Wawan Trianto di menit ke-88 mendapat peluang melalui set piece beberapa meter di depan jala. Sayang, bola melambung jauh.

Akibat hands ball yang dilakukan oleh Mauricio, peluang didapat oleh PS TNI melalui tendangan bebas di depan kotak penalti di menit ke-91. Guntur yang mengeksekusi tendangan tersebut memperkecil jarak untuk timnya hingga skor menjadi 2-5 sekaligus menjadi gol penutup laga.

Susunan Pemain
PS TNI: (4-2-3-1)
Ravi Murdianto, Choirul Hidayat, Wanda Syahputra (Dwi Cahyono 49’), Hendri Aprilianto, Wiganda Pradika, Suhandi, Legimin Raharjo (K), Stevanus Bungaran, Pandi A. Lestaluhu, Wawan Febrianto, Aldino Herdianto.

Pelatih: Suharto A.D.

Sriwijaya FC: (4-3-3)
Yogi Triana (PG), Zalnando, Mauricio Maciel, Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir (A.A. Ngurah Wahyu Trisnajaya 60’), Yuu Hyunkoo, M. Ridwan (Yohanis Nabar 38’), Alberto Goncalves (Riszky Dwi Ramadhana 70’), Hilton Moriera, Airlangga Sucipto, Manda Cingi.
Pelatih: Widodo C. Putro

(korankito.com/resha)