Pengedar Shabu Bingung Dituntut Enam Tahun

Palembang – Terdakwa kepemilikan shabu 10 paket seberat 0,608 gram, Usman (38), tertunduk lesu saat dituntut hukuman kurungan penjara selama enam tahun. Tuntutan yang dibacakan JPU Terry Kristanti sontak membuat Usman kebingungan.

Terdakwa kebingungan untuk menyatakan sikap apakah akan melakukan pembelaan atau tidak. Melihat hal ini, majelis hakim yang diketuai oleh Berton Sihotang segera memerintahkan terdakwa berkonsultasi dengan penasehat hukum dari Posbakum PN Palembang A Rizal.

“Silahkan terdakwa berkonsultasi terlebih dahulu kepada penasehat hukumnya,” ujar Berton kepada terdakwa dalam persidangan di PN Kelas 1A Khusus Palembang, Selasa (13/12).

Setelah mendengar instruksi hakim, terdakwa beranjak dari kursi pesakitan dan mendekati penasehat hukumnya. Tak lama kemudian melalui kuasa hukumnya terdakwa menyatakan akan menyampaikan nota pembelaan.  “Kami minta waktu majelis, untuk mempersiapkan nota pembelaan (pledoi),” ujar Rizal.

Atas permohonan kuasa hukumnya hakim menunda persidangan dan memberikan waktu hingga Senin depan.  “Sidang sementara kita tunda, dan akan dilanjutkan pada 19 Desember 2016, dengan agenda pembelaan dari terdakwa, “ ujar hakim.korankito.com/ria