Bisa Dipercaya

Sumsel Akan Kirim Pelajar Berprestasi ke Cina

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo. Foto/Eja

Palembang – Dinas pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan kirim pelajar berprestasi Sumsel ke tiga universitas ternama di negeri tirai bambu.

Sebagai salah satu langkah nyata progam kuliah gratis (PKG), kali ini Disdik Sumsel menggandeng tiga universitas dari Cina yaitu Wuxi Univeristy, Yangzhou University serta Changzhou University. Bentuk beasiswa pendidikan yang diberikan dari ketiga universitas itu mulai dari gratis uang SPP atau semester selama kuliah, lalu biaya asrama dan uang makan semua tidak akan dipungut biaya. Sedangkan dari Disdik Provinsi Sumsel hanya menyiapkan tiket keberangkatan dan pulang (ketika selesai kuliah), visa dan administrasi lain yang diperlukan pelajar yang akan berkuliah disana.

Berita Sejenis
1 daripada 3.097

“Kesempatan ini akan diberikan kepada 300 pelajar berprestasi di Sumsel untuk menempuh pendidikan strata 1 (S1) di Cina. Dan akan dimulai pada kelulusan siswa tahun depan,” ungkap Kepada Disdik Sumsel Widodo, Senin (12/12).

Menurut Widodo, mekanisme penerimaan untuk tiga universitas tersebut akan digelar bersamaan dengan penerimaan mahasiswa dari jalur PKG yang sudah berjalan selama ini. Sebelumnya, lanjutnya, sudah ada 11 perguruan tinggi yang terdiri dari dalam dan luar negeri yang sudah bekerja sama untuk memberikan beasiswa kepada pelajar berprestasi di Sumsel.

“Kita tetap utamakan pada 58 program studi (prodi) yang ditujukan untuk membangun Provinsi Sumsel nantinya. Untuk tiga universitas Cina memang lebih diarahkan pada bidang teknik dan sains,” akunya.

Lebih lanjut Widodo menjelaskan, penyeleksian calon mahasiswa yang ingin berkuliah di tiga universitas di Cina tersebut, selain berprestasi juga diutamakan dari keluarga yang tidak mampu dan tidak merokok.

Selama mereka kuliah antinya, mereka juga harus memberikan laporan mengenai perkembangan indeks prestasi kumulatif (IPK) mereka. Pasalnya ada standar untuk nilai mereka disana. “Jadi akan kami pantau terus pembelajaran mereka disana. Jangan sampai mereka terbuai, awalnya saja yang baik namun kedepannya malah sibuk kegiatan lain dari pada belajar,” ulasnya.

Dengan adanya penambahan kerja sama dari universitas luar negeri dalam PKG, Widodo berharap agar dapat membuat sumber daya manusia (SDM) Sumsel yang muda dan berprestasi. Sebab, dengan banyaknya pemuda Sumsel yang berpendidikan baik maka juga dapat diyakini mampu membangun provinsi ini lebih maju nantinya.

Selain itu, Widodo mengaku, jika beasiswa ini tidak hanya diberikan kepada calon mahasiswa, namun ketiga universitas tersebut juga memberikan kesempatan bagi para guru SMK untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangkan kompetensi mereka. “Bagi guru SMK yang berminat dan mempunyai kualifikasinya, maka bisa ikut pelatihan selama tiga sampai enam bulan. Semuanya biasa juga digratiskan, sehingga guru tinggal fokus berlatih disana,” pungkasnya. (korankito.com/eja)