Apresiasi Bunda PAUD Kecamatan di Lahat

APRESIASI – Bunda PAUD Lahat Hj RR Kurnia Sismartianti Aswari memberikan apresiasi bunda pendidikan anak usia dini (PAUD) kecamatan dan gugus PAUD tingkat kabupaten 2016, Sabtu (10/12).

Lahat – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat melalui Dinas Pendidikan (Disdik) menggelar acara apresiasi bunda pendidikan anak usia dini (PAUD) kecamatan dan gugus PAUD tingkat kabupaten 2016, Sabtu (10/12). Dalam apresiasi yang bertajuk Memberikan Awal Terbaik Bagi Masa Depan Anak itu tersebut ditetapkan sejumlah tokoh kecamatan di Bumi Seganti Setungguan yang telah berjasa dalam pemberdayaan PAUD.

Menurut Bunda PAUD Lahat Hj RR Kurnia Sismartianti Aswari, apresiasi tersebut merupakan kegiatan pemberian penghargaan kepada bunda PAUD kecamatan yang berprestasi melalui proses seleksi dan penilaian. ‘’Sasaran apresiasi bunda PAUD kecamatan yang berprestasi adalah para bunda PAUD tingkat kecamatan yang ada di Lahat,’’ ujarnya.

Proses penilaian itu, papar Bunda Lisa – sapaan akrab istri Bupati Lahat Aswari Riva’i – juga diketahui oleh Disdik Lahat. Diharapkan, tambahnya, melalui apresiasi ini akan memicu semangat para bunda PAUD di kecamatan untuk terus membina dan memdidik anak usia dini hingga mendapatkan masa depan yang lebih baik. ‘’Anak-anak itu merupakan masa depan Kabupaten Lahat. Dipundak mereka lah nantinya daerah ini akan menjadi lebih baik dan terdepan,’’ paparnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Lahat Sutoko mengatakan, sebagai bunda PAUD berprestasi tentu sudah teruji kompetensinya, seperti memiliki motivasi, inovasi, dan kepedulian terhadap pengembangan pendidikan anak usia dini. Kemudian mampu menjalin kerja sama dan dukungan dana dari organisasi mitra PAUD di tingkat kecamatan dalam rangka pengembangan, pembinaan, dan penyelenggaraan berbagai layanan PAUD di wilayahnya. ‘’Dengan kompetensi itu tentu dapat meyakinkan bahwa PAUD yang ada di kecamatan menjadi lembaga yang layak untuk melakukan pendidikan anak usia dini,’’ paparnya.

Sutoko juga optimistis dengan suksesnya program satu desa satu PAUD yang telah digulirkan bunda PAUD Kabupaten Lahat akan menularkan semangat meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) PAUD di kecamatan. ‘’Selain itu saya yakin bunda PAUD kecamatan dapat mengembangkan dan meningkatkan akses dan mutu layanan di wilayahnya,’’ tegasnya.

Dalam acara apresiasi tersebut telah dipilih bunda PAUD kecamatan berprestasi yakni, terbaik pertama bunda PAUD Kecamatan Kikim Timur atas nama Bunda Marliyanti Pebroni, kedua PAUD Kecamatan Merapi Barat Bunda Sri Hidayati Kamran, ketiga PAUD Kecamatan Muara Payang Bunda Neni Daniel. Selanjutnya, untuk program kerja gugus (PKG) PAUD terbaik diraih PKG PAUD Kenangan, Kecamatan Lahat; kedua PKG PAUD Melati, Kecamatan Kikim Tengah dan terbaik ketiga PKG PAUD Generasi Penerus Bangsa, Kecamatan Merapi Timur.

Sedangkan Bunda PAUD Kecamatan Kikim Timur Bunda Marlianti Pebroni menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan itu. ‘’Selama ini kami bekerja memang tidak terlepas dari motivasi dan semangat yang telah ditularkan Bunda Lisa sebagai bunda PAUD Lahat,’’ katanya sembari menyebutkan apresiasi itu akan menjadi pemecut untuk berbuat lebih baik lagi untuk anak-anak Lahat. (korankito.com/hms)