Bisa Dipercaya

‘Mr Clean’ Mar’ie Meninggal Dunia

Mar’ie Muhammad meninggal dunia. Mantan Menteri Keuangan di era orde baru itu mengembuskan nafas terakhir di RS Pusat Otak Nasional, Jakarta, Minggu (11/12) dinihari WIB.

Pria ramah senyum ini meninggal di usia 77 tahun. Kabar meninggalnya Mar’ie didapat kalangan media dari Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI) Nasional. Sebab di semasa hidupnya, Mar’ie pernah menjabat sebagai Ketua PMI.

“Pak Mar’ie Muhammad, selamat jalan menuju Al Khalik. Semoga khusnul khotimah,” tulis akun twitter mantan wartawan, Bondan Winarno.

Juru bicara Kementerian Keuangan Lucky Al Firman mengatakan almarhum sempat dirawat di Rumah Sakit Pusat Otak. “Beliau sudah sakit lama,” katanya.

Lucky juga mengatakan pemakaman terhadap Marie rencananya dilakukan hari ini. Namun, informasi mengenai waktu pemakaman, kata dia, masih dikoordinasikan dengan pihak keluarga. Ia mengatakan keluarga menginginkan pemakaman terhadap jenazah Marie dilakukan secepatnya.

Perihal sakitnya Mar’ie, diketahui bahwa pada 19 November lalu, Lucky mengatakan Mar’ie menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur. Saat itu ia enggan memberitahukan sakit yang diderita mantan ketua umum PMI itu. Luky menyebutkan, pihak keluarga hanya tak ingin kabar tersebut diungkap secara luas kepada media.

Semasa hidupnya, Mar’ie dikenal sebagai sosok menteri yang jujur dan lurus. Ia dijuliki Mister Clean karena perjuangannya memberantas korupsi di lingkungan kementrian keuangan. Ia juga berupaya meningkatkan efisiensi dan membersihkan institusi dari pegawai yang korup.

Mar’ie diangkat sebagai Menteri Keuangan oleh Presiden Soeharto pada 17 maret 1993. Pada masa menjabat, ia menolak dana taktis dan anggaran perjalanan dinas yang dinilai terlalu besar. Bahkan selama lima tahun menjadi Menteri Keuangan, pada awal 1997, Indonesia pernah menjadi pelopor di Asia Tenggara dalam bidang perekonomian. O wib / berbagai sumber