Pegadaian Motivasi Pelaku UMKM

SEMINAR – PT Pegadaian Palembang memberikan seminar kewirausahaan untuk pelaku usah mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Hotel Swarna Dwipa, Kamis (8/12). Foto/Ria

Palembang – PT Pegadaian Palembang memberikan seminar kewirausahaan untuk pelaku usah mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Diadakan di Hotel Swarna Dwipa, pelaku usaha UMKM antusias mendengarkan motivasi yang disampaikan seorang pengusaha kuliner sukses Slamet Ragil, Kamis (8/12).

Dengan gayanya yang sederhana namun nyentrik, Slamet yang pengusaha dari tanah Jawa bercerita bahwa setiap pengusaha tentu ingin usahanya maju, sukses dan berkembang. Dari pengalamannya, berbagai kegagalan sudah pernah dirasakan. Tapi dia menyadari di balik itu semua ada hikmahnya.

Bagi pengusaha yang ingin sukses harus memiliki keberanian, mencoba dan melangkah memperjuangkan pengembangan usahanya. Menurut dia, jatuh bangun itu biasa, tinggal bagaimana pengusaha menghadapinya. “Tips usaha itu harus berani memulai, jangan menunda, jangan takut gagal. 1000 kali kegagalan akan terbayar dengan satu kali kesuksesan,”tutur Slamet saat membagikan tips sukses untuk para pelaku UMKM.

Sementara itu Asisten Manager Penjualan PT Pegadiaan Palembang, M Charist Hamid mengatakan, seminar ini untuk mengedukasi sekaligus memotivasi penguasaha kecil dan mikro yang ada di Palembang untuk memahami pengelolaan usaha. Diberikan juga pengetahuan tentang pengelolaan keuangan, modal kerja, ataupun mencari permodalan. “Narasumber yang dihadiri ini didatangkan ini merupakan sosok pengusaha yang mandiri dan memulai bisnisnya dari bawah,” katanya.

Diharapkan melalui seminar kewirausahaan ini, kata dia, para pengusaha kecil dan mikro baik yang sudah memulai usahanya maupun yang baru akan merintis usaha dapat memperoleh manfaat. “Kami juga memperkenalkan produk pegadaian, seperti Kreasi,”bebernya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Pegadaian Kanwil III, Joko Prasetyo mengatakan, Pegadaian memiliki produk kredit untuk membantu para usaha kecil dan mikro. Yakni Kreasi yang dapat dimanfaatkan para pengusaha yang membutuhkan modal usaha. Cukup dengan KTP dan jaminan BPKB, Pegadaian akan melayani dengan memberikan pinjaman dana untuk modal usaha para pengusaha kecil dan mikro ini. “Kami menilai, produk kami ini memang belum dikenal luas oleh pelaku usaha kecil dan mikro,”ulasnya.

Adapun realisasi penyaluran pembiayaan untuk segmen UMKM, sebut Joko, Pegadaian Kanwil III memberikan porsi OSL perseroan yang mencapai Rp20miliar. Hingga Oktober 2016 sudah tercapai Rp19miliar. Dia meyakini akhir Desember mendatang bisa over target.

“Nilai peminjaman modal tergantung jaminan, ada yang mencapai Rp100-150juta. Nasabah kita ini biasanya berlanjut di tahun selanjutnya,” terang Joko.

Kendati porsi lini bisnis pembiayaan untuk UMKM diakui masih cenderung kecil, namun secara perlahan akan menunjukkan pertumbuhan moderat seiring dengan perkembangan UMKM serta literasi pelaku usaha untuk menarik pinjaman usaha ke pegadaian. “Kita bangga tidak ada tunggakan untum produk Kreasi. Kalaupun ada, jaminan usaha akan segera kita tarik setelah peringatan kita berikan,”jelas dia. (korankito.com/ria)