Puskesmas Harus Siap Layani 150 Penyakit

img-20161206-wa0377Palembang – Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda kembali melakukan inspeksi mendadak alias sidak ke dua puskesmas yakni Puskesmas Talang Ratu dan Puskesmas Punti Kayu, Selasa (6/12). Finda, sapaan akrab Wawako, melihat langsung pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sekitar Puskesmas.

Kedatangan Finda juga dalam rangka melihat kesiapan puskesmas dalam menangani 150 penyakit, di antaranya batuk, pilek, demam yang bisa diperiksa di puskesmas tanpa harus dirujuk ke rumah sakit.

Saat berada di Puskesmas Talang Ratu, Finda menyempatkan diri mengenang masa lalu saat ibundanya pernah bertugas di Puskemas tersebut. “Ini dulu puskesmas mami sekitar tahun 90-an. Sepertinya tempatnya tidak berubah, hanya dibagian belakang saja ada sedikit pembangunan,” ujar Finda kepada petugas puskesmas.

‎Suasana berbeda terjadi ketika datang ke Puskesmas Punti Kayu. Finda hanya berbincang dengan petugas puskesmas karena tak ada pasien yang datang. Menurut Finda, kedatangannya di sejumlah puskesmas tersebut untuk mengetahui kesiapan puskesmas dalam menangani 150 penyakit yang dialami oleh masyarakat.

“Jadi puskesmas kita ini harus bisa melayani 150 penyakit, tanpa harus dirujuk ke rumah sakit, kecuali memang yang benar-benar butuh rujukan ke rumah sakit. Kalau sakit biasa, bisa dilayani di puskesmas,” ujarnya.

Menurut Finda, ketersediaan dokter-dokter spesialis di setiap puskesmas juga sangat dibutuhkan agar dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.(korankito.com/ria)