Bisa Dipercaya

Minggu Pagi Jalan POM IX Ditutup untuk Kendaraan

CAR FREE DAY: Mulai Minggu (11/12) pagi kendaraan dilarang meointas di Jalan POM IX, karena men jadi area car free day. Foto/Yudi
CAR FREE DAY: Mulai Minggu (11/12) pagi kendaraan dilarang melintas di Jalan POM IX, karena menjadi area car free day. Foto/Yudi

 

Palembang – Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang akan memindahkan salah satu jalur bebas kendaraan (car free day) dari tiga jalur car free day yang ada di metropolis. Salah satu yang akan dipindahkan yakni jalur car free day yang ada di Jalan Jenderal Sudirman. “Jalur car free day yang di Sudirman bakal dialihkan ke Jalan POM IX untuk sementara waktu,” ungkap Kepala Dishub Palembang, Sulaiman Amin, pagi tadi.

Ia menjelaskan, adanya pembangunan light rail transit (LRT) menyebabkan terjadinya penyempitan jalan sehingga tak memungkinkan diadakan jalur car free day, seperti Jalan Jenderal Sudirman yang sebelumnya menjadi jalur bebas kendaraan sepanjang 3 kilometer (km)

Berita Sejenis
1 daripada 11

Maka, lanjutnya, jalur car free day itu dipindahkan ke Jalan POM IX, Kampus yakni  mulai dari U-Turn depan TVRI menuju ke putaran Palembang Icon.  “Untuk tempat senam yang selama ini dilakukan didepan Cinde, juga dipindahkan ke Satlantas Samsat,” jelasnya.

Adapun pengalihan jalur car free day ini, mulai diberlakukan Minggu (11/12). Kendati demikian, pihaknya berjanji bakal segera membuat pengumuman dan juga sosialisasi supaya masyarakat tak kaget dan bisa memanfaatkan jalur car free day itu dengan maksimal.

Disinggung jumlah car free day yang ada di metropolis, mantan Camat Alang-Alang Lebar itu menyebut juga ada jalur car free day di Jakabaring dengan panjang sekitar 5 km dan di Kambang Iwak (KI) dengan panjang  2 km.

Dirinya merinci jalur car free day di Jakabaring, tepatnya mulai dari simpang stadion Jakabaring (Rotunda) hingga ke simpang Pasar Induk Jakabaring. “Dibuka mulai pukul 06.00-09.00 WIB setiap Minggu pagi. Sementara untuk jalur car free day di KI memutari sekeliling,’’ terangnya. (korankito.com/ria)