Bisa Dipercaya

IPSI Sumsel Sambut Baik Terpilihnya Prabowo

 

Ketua Harian IPSI Sumsel H.M. Akib. Foto/Resha
Ketua Harian IPSI Sumsel HM Akib. Foto/Resha

 

Bali – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Pengurus Provinsi (Pengprov) Sumatera Selatan (Sumsel) menyambut baik terpilihnya kembali Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Pengurus Besar IPSI untuk periode 2016-2020.

Menurut Ketua Harian IPSI Pengprov Sumsel HM Akib, ke depan  memang banyak yang harus dibenahi pada olahraga pencak silat, salah satunya terkait dengan event kejuaraan. Menurutnya, hal itu penting mengingat dengan banyaknya kompetisi, hasil latihan para pesilat bisa tersalurkan. “Kami butuh sirkuit kejuaraan pencak silat di setiap kabupaten kota agar ada atlet unggulan yang bisa ikut kejuaraan regional dan nasional. Ini tidak lain harus diperhatikan pihak pengurus agar prestasi lebih ditekankan,” tuturnya Selasa (6/12).

Ia menambahkan, tidak hanya satu kali dalam setahun, sirkuit kejuaraan juga bisa diprogramkan secara rutin. “Muara dari prestasi adanya kompetisi dan ujicoba di setiap daerah. Atlet harus terus menguji kemampuan dirinya agar punya progres baik,” katanya.

Untuk itu, Akib, optimistis atas terpilihnya Prabowo sebagai PB IPSI untuk ketiga kalinya ini. Akib menilai dibawah kepemimpinan Prabowo, Indonesia berhasil dapatkan juara umum di SEA Games 2011dan SEA games 2013 di Myanmar meski 2015 juara umum direbut Vietnam. “Ia konsisten dalam pembibitan dan pembinaan atlet dalam tiga periode menjadi ketua,” tambahnya lagi.

imbasnya dengan pembinaan atlet pencak silat di Sumsel sendiri, ia mengatakan, banyak program yang sudah dijalankan IPSI Sumsel dari PB IPSI seperti PON, Porwil, dan O2SN. “PON 2012 dapat tiga perunggu, Porwil 2015 lalu pencak silat Sumsel cabang olahraga (cabor-red) satu satunya yang jadi juara umum. Kemudian, O2SN satu satunya cabor yang meraih medali emas. Artinya pencak silat salah satu cabor terbaik di Sumsel,” paparnya.

Ia mengakui, jika dilihat prestasi Sumsel ditingkat nasional memang belum bisa saingi prestasi atlet Pulau Jawa. Namun, IPSI Sumsel juga bisa melebihi jika terus lakukan kompetisi dan ujicoba di daerah. (korankito.com/resha)