Bisa Dipercaya

Sumsel Gelar Bulan Bakti Karang Taruna Nasional

KARANG TARUNA: Gubernur Sumsel Alex Noerdin memberi pengarahan kepada pengurus Karang Taruna Sumsel terkait acara Bulan Bakti Karang Taruna yang akan digelar akhis pekan depan. Foto/humas
KARANG TARUNA: Gubernur Sumsel Alex Noerdin memberi pengarahan kepada pengurus Karang Taruna Sumsel terkait acara Bulan Bakti Karang Taruna yang akan digelar akhis pekan depan. Foto/humas

 

Palembang- Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Nasional (BBKTN) 2016, akhir pekan depan.

Acara yang akan dipusatkan di Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengajak seluruh kepengurusan Karang Taruna Sumsel agar kedepan bisa menjadikan organisasi pemuda ini menjadi mandiri dan tidak tergantung dengan Pemerintah.

Berita Sejenis
1 daripada 2

Menurut Alex Noerdin, Karang Taruna merupakan perkumpulan pemuda yang bebas dari unsur politik manapun. Untuk itu, Karang Taruna Sumsel harus bisa mandiri menghidupi organisasi sendiri dan bahkan membantu dengan memberikan kontribusi kepada pemerintah.

Dijelaskan Alex Noerdin, banyak hal yang bisa dilakukan agar bisa mandiri diantaranya dengan mengambil manfaat dari berbagai event internasional di Sumsel seperti Asian Games dan MotoGP. Semua ini bisa dilakukan dengan mengajak semua Karang Taruna kabupaten/kota di Sumsel untuk mampu berfikir internasional yang artinya berfikir jauh kedepan. “Usahakan Karang Taruna bisa mandiri, kalau tergantung dengan Pemerintah namanya buka Karang Taruna, dan memang harus seperti itu, harus bisa mandiri menghidupi organisasi sendiri dan membantu pemerintah,” tegas Alex Noerdin saat menerima audensi pengurus Karang Taruna Sumsel di Griya Agung Palembang, Jum’at (2/12).

Mengenai kesiapan Rakernas dan BBKTN, Gubernur Alex Noerdin menilai semua rencana kegiatan sudah tersusun dengan baik yang terpenting bagaimana mengawalnya agar bisa berjalan dengan baik.

Pada prinsipnya, lanjut Alex, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel akan mendukung kegiatan ini baik melalui fasilitas yang diperlukan serta apa saja yang bisa dibantu, Pemerintah Sumsel akan mendukung. “Saya sendiri akan mengupayakan bisa hadir langsung pada kegiatan itu, selagi saya ada di Palembang, saya akan hadir,” ujar Alex.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Provinsi Sumsel Roby Kurniawan mengatakan, peserta Rakernas dan BBKTN Karang Taruna 2016 terdiri dari 10 Provinsi di Indonesia dan seluruh kabupaten/kota di Sumsel.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi kesempatan berharga karena akan banyak sekali hal positif yang didapat, seperti deklarasi gotong royong, aksi kali/sungai bersih, aksi bersih sekolah dan aksi bersih musholla.

Selain itu, lanjut Robi, dikegiatan BBKTN akan diadakan bakti sosial antara lain seperti donor darah, pengobatan massal, pembagian sembako, pembagian kaca mata, alat bantu dengar, tongkat dan kursi roda, bedah rumah/mushola, penghiajuan, gotong royong di sekolah serta panggung seni dan budaya “Semua yang kita lakukan itu tidak terlepas dari semangat dan dukungan penuh Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan kita akan terus berupaya agar kegiatan ini akan berlangsung sukses,” terangnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini mengambil tema “Mengunggah Kepedulian, Mewujudkan Karya dan Kesetiakawanan”. Dijadwalkan akan dihadiri langsung Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa.

Untuk kegiatan yang berlangsung di Kota Palembang, dilaksanakan di dua lokasi yakni Hotel Horison Ultima Palembang dan Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, yakni pembukaan BBKTN dan Rakernas Karang Taruna.

Selain itu, terdapat acara di Lapangan Munai Serumpun Banyuasin dihadiri 2000 orang peserta. Dalam kegiatan tersebut ada bakti sosial seperti pemberian kaki palsu, bedah rumah,dan pemberian kacamata. Dihari berikutnya, dilanjutkan dengan kegiatan bersama Walikota Palembang seperti gotong royong membersihkan mushola, membersihkan kali/sungai dan sekolah, ditutup dengan malam farewell party.(korankito.com/ril)