Maha, Pangeran Nyentrik Calon Raja Thailand

Putra Mahkota Kerajaan, Maha Vajiralongkorn , segera dilantik menjadi raja baru Thailand. Ia menggantikan mendiang ayahnya, Bhumibol Adulyadej, sebagai monarki Thailand yang meninggal pada 13 Oktober lalu.

Naiknya Maha ke tampuk pemerintahan nomor satu negeri ini, adalah sebuah keniscayaan. Meski sang pangeran dikenal kerap bergaya ‘urakan’ tapi dialah yang paling berhak naik tahta.

Di usia 64 tahun, Maha tetaplah pria eksentrik. Pangeran Maha Vajiralongkorn pernah muncul di bandara di Munich. Dia mondar-mandir dengan tank top digulung, celana jins kendur dan tubuh penuh tato. Ia selalu membawa ajing pudel. Padahal dia seorang perwira militer top Thailand.

 

Selain penampilannya yang jadi sorotan publik, cerita kehidupannya juga sarat perilaku aneh. Mulai dari kabar ‘main perempuan’ dan menikahi pelayan bar. Maha terkenal dengan julukan pangeran flamboyan atau playboy, setelah tiga pernikahannya gagal dengan beragam skandal.

Anjing pudel bernama Foo Foo juga menjadi mewarnai pemberitaan tentang sosok Pangeran Maha. Pada tahun 2007, Foo Foo pernah dibawa ke acara formal yang digelar Ralph Boyce—Duta Besar Amerika Serikat—saat itu. Anjing pudel itu didandani dengan pakaian formal layaknya pejabat.

”Foo Foo mengenakan pakaian malam formal lengkap dengan sarung tangan-kaki, dan pada satu titik, ia melompat ke meja dan mulai memukul-mukul gelas minum tamu,” tulis Boyce dalam sebuah dokumen diplomatik yang dibocorkan WikiLeaks. O wib / berbagai sumber