Aswari Rivai : Bangga Kelurahan Sari Bungamas Harumkan Lahat

 

PENGHARGAAN: Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar menyerahkan penghargaan Program Kampung Iklim kepada Kelurahan Sari Bungamas, Kabupaten Lahat, di Jakarta, Kamis (1/12). Foto/Humas

PENGHARGAAN: Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar menyerahkan penghargaan Program Kampung Iklim kepada Kelurahan Sari Bungamas, Kabupaten Lahat, di Jakarta, Kamis (1/12). Foto/Humas

 

Lahat – Kelurahan Sari Bungamas, Kabupaten Lahat menerima penghargaan Progran Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH), Kamis (1/12).

Kelurahan Sari Bungamas merupakan salah satu dari 22 desa yang mendapat penghargaan tersebut.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Lahat, H. Aly Afandi mengatakan, Kelurahan Sari Bungamas boleh bangga karena kelurahannya setelah dinilai oleh tim Proklim dari Jakarta dan Provinsi Sumsel pada awal September lalu akhirnya membuahkan hasil yang baik untuk madyarakat. ‘’Alhamdulillah, Pemkab Lahat Diwakili oleh Kelurahan Sari Bungamas telah mendapatkan penghargaan Proklim. Ini merupakan kerjasama antara kelurahan dengan masyarakatnya, kami juga sangat terima kasih kepada Bupati dan Sekda Lahat, tim PKK Lahat memberikan dukungan kepada masyarakata khususnya di Sari Bungamas dan juga bisa mengharumkan Kabupaten Lahat dan Sumsel di idang Proklim, ” ujar Aly.

Dilajutkan oleh, Kepala BLH Lahat, adapun penilaian yang dilakukan meliputi dua aspek adaptasi dan mitigasi. “Aspek adaptasi meliputi bagaimana masyarakat merespon kondisi lingkungan, seperti peresapan air (embung), perlindungan mata air, drainase, pengendalian banjir, penghematan air, pengendalian penyakit (puskesmas) serta program dan sarana lainnya. Sedang aspek mitigasi yang dinilai meliputi pengelolaan sampah, budaya pertanian, tutupan vegetasi (pencegahan kebakaran hutan), serta kegiatan aktif masyarakat lainnya, ” paparnya.

Sementara itu, Bupati Lahat H Aswari Rivai mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kelurahan Sari Bungamas telah mendapatkan penghargaan Proklim itu. “Saya bangga kepada Kelurahan Sari Bungamas bisa membawa nama Kabupaten Lahat dengan baik dan mendapatkan penghargaan ini saya berharap prestasi Kelurahan Sari Bungamas bisa diikuti oleh kelurahan dan desa-desa yang di kabupaten lahat, ” kata Aswari (korankito.com/hasyim)