Gubernur Kukuhkan Satgas Saber Pungli

SABER PUNGLI: Gubernur Sumsel Alex Noerdin kukuhkan 57 anggota Satgas Saber Pungli Sumsel, Rabu (30/11).Foto/Humas

SABER PUNGLI: Gubernur Sumsel Alex Noerdin kukuhkan 57 anggota Satgas Saber Pungli Sumsel, Rabu (30/11).Foto/Humas

Palembang – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin mengukuhkan 57 anggota Satuan Petugas (Satgas) Saber Pungli Sumsel, di Griya Agung, Rabu (30/11).

Anggota Satgas itu terdiri dari berbagai instansi antara lain pemerintah Sumsel, Kepolisian Daerah Sumsel, Kejaksaan Tinggi Sumsel, TNI, dan instansi lainnya.

Untuk meningkatkan efektivitas pemberantasan pungli, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Peraturan presiden (Perpres) No 87 Tahun 2016 tanggal 20 oktober 2016 Tentang Satgas Saber Pungli.

Berdasarkan Perpres,  pungli itu merupakan praktek yang telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien, dan mampu menimbulkan efek jera. Maka itu dalam upaya pemberantasan pungutan liar perlu di bentuk satuan tugas sapu bersih pungutan liar.

Satgas Saber Pungli Sumsel memiliki visi terwujudnya pelayanan publik pada lembaga / instansi di wilayah Sumsel. Satgas memiliki tugas untuk melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efesien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personel, satuan kerja, dan sarana prasarana.

“Saya percaya dengan adanya satuan tugas sapu bersih pungli ini akan memulihkan kepercayaan publik, memberikan keadilan dan kepastian hukum yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat, percepatan pertumbuhan ekonomi daerah dan reformasi hukum di provinsi sumsel,” ujar Gubernur Sumsel. (korankito/ Azza)