Aswari Pimpin Upacara HUT Korpri, PGRI, HKSN dan HKN Secara Bersamaan.

Bupati Lahat H Aswari Riva'i. Foto/Humas

Bupati Lahat H Aswari Riva’i. Foto/Humas

 

Lahat – Hari Ulang Tahun (HUT) ke 45 Korpri, HUT ke 71 PGRI, kemudian Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) serta Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun ini diperingati secara bersamaan dengan upacara gabungan di pimpin Bupati Lahat H Aswari Riva’i, di lapangan Bumi Seganti Setungguan, Selasa (29/11).

Bupati menyampaikan, selamat ulang tahun kepada Korpri, PGRI, PMI serta Kesehatan khususnya di Kabupaten Lahat.

Menurut Aswari, HUT Korpri yang mengusung tema Bersama Korpri Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara, maka Korpri harus siap bertransformasi menjadi bagian integral dari pemerintah. ‘’Yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi, mewujudkan jiwa KORPRI sebagai pemersatu bangsa, memberikan perlindungan hukum serta mengembangkan kesejahteraan anggota,’’ ujarnya di depan ratusan anggota korpri, guru, tenaga kesehatan dan PMI.

Bupati juga mengungkapkan, guru memiliki peranan yang mulia dan amat strategis serta sangat penting dalam menciptakan kualitas pendidikan bagi siswa. ‘’Berbanggalah jadi seorang guru. Sebab di tangan para Guru, Pamong, dan Tenaga Kependidikan, masa depan bangsa kita menjadi taruhan,’’ paparnya.

Ia mengatakan, melalui anak-anak peserta didik di sekolah, di sanggar-sanggar belajar, kita akan menentukan masa depan bangsa. Tidak ada sosok sukses yang tidak melewati sentuhan seorang guru. ‘’Kita bisa berdiri tegak saat ini juga karena pernah ditempa oleh para guru,’’ kata Aswari, sembari menyebutkan pemerintah selama ini telah mengupayakan banyak hal agar para guru semakin profesional. Namun upaya itu akan sia-sia belaka tanpa keinginan keras dari pihak guru itu sendiri.

Dalam upacara itu dihadiri seluruh pimpinan Muspida, Anggota DPR RI Sri Meliyana, Kepala SKPD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, Ketua Tim Penggerak PKK Lahat, Ketua Legium Veteran Lahat, tokoh agama dan tokoh Masyarakat maupun pimpinan unsur pemuda di Lahat.

Bupati melanjutkan, terkait dengan kesehatan berdasarkan kutipan dari sambutan Menteri Kesehatan RI dalam Peringatan HKN ke-52 pada 2016, pembangunan kesehatan pada hakekatnya merupakan upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujdnya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. ‘’Mengingat untuk pencegahan penyakit sangatlah tergantung pada perilaku individu yang didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat, diperlukan peran aktif dari seluruh komponen baik Pemerintah Pusat dan Daerah, Sektor Non Pemerintah dan Masyarakat,’’ pungkasnya. (korankito.com/hasyim)