Aswari : Kita Harus Jaga Kebhinekaan dengan Baik

Bupati Lahat H Aswari Riva'i. Foto/dok

Bupati Lahat H Aswari Riva’i. Foto/dok

 

Lahat – Menyikapi adanyan aksi sebagian massa pada 2 Desember 2016, Bupati Lahat H Aswari Riva’i pimpin apel gelar pasukan di halaman Polres Lahat, Selasa (29/11).

Dalam kesempatan tersebut Aswari membacakan amanat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin yang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga keamanan di setiap wilayah termasuk Kabupaten Lahat. ‘’Kita harus tetap menjaga kebhinekaan dengan baik. Lihat bagaimana sejarah perjuangan para pahlawan kita berjuang untuk memerdekakan Indonesia dengan kebhinekaan. Warga Indonesia harus merasa aman dan nyaman dari segala aktivitas apapun,” tegas Aswari di hadapan ratusan personel Polri, TNI, Dishubkominfo, dan Satpol PP, siang tadi.

Aswari menegaskan, ada sejumlah agenda penting dan isu yang perlu untuk diperhatikan serta diantisipasi bersama agar situasi itu tidak berdampak maupun menjadi potensi konflik. ‘’Isu tersebut antara lain adanya rencana aksi pada 2 Desember yang berpusat di Jakarta, adanya isu kembalinya beberapa simpatisan ISIS, sedangkan agenda ke depan berlaitan dengan perayaan Natal dan tahun baru, kemudian pilkada serentak tahun 2017,’’ paparnya dalam apel yang juga dihadiri Kapolres Lahat dan jajarannya, Ketua DPRD, Dandim 0405, Ketua Pengadilan Negeri Lahat, Sespemkab, pejabat  SKPD di lingkungan Pemkab Lahat, para tokoh masyarakat, ulama, dan perwakilan organisasi.

Bupati juga mengajak yang hadir dalam apel itu untuk tetap waspada pada fenomena perubahan cuaca ekstrim yang berpotensi terjadinya bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor,  jalan amblas, dan kecelakaan.

Dalam kesempatan tersebut, Aswari mengimbau, untuk pengamanan terkait aksi 2 Desember hendaknya petugas tidak bertindak arogan, hindari aksi represif, menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia. ‘’Yang terpenting lagi aparat juga harus menjalankan tugas dengan penuh keikhlasan, jaga keselamatan diri serta saling mengingatkan dalam hal kebaikan,’’ pesan orang nomor satu di Bumi Seganti Setungguan itu. (korankito.com/hasjim)