Sumsel Gelar Peringatan HMPI

5-penanaman-pohonPalembang-Dalam memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2016, Provinsi Sumatera Selatan mengisi agenda tahunan ini dengan berbagai kegiatan. Seperti penanaman pohon, penebaran benih ikan, lomba penghijauan, hingga penyerahan bibit pohon ke sekolah dan masyarakat.

Secara nasional peringatan HMPI mengusung tema “Pohon dan Hutan Rakyat Untuk Kehidupan, Kesejahteraan dan Sumber Devisa Negara.” Tema ini mengandung arti bahwa saat ini betul-betul langkah menanam pohon merupakan kebutuhan dan prasyarat kehidupan yang paling mendasar dengan dukungan sistem regulasi alam.

Puncak acara HMPI tingkat Provinsi Sumsel dilaksanakan Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang, berlangsung di ruang terbuka hijau Perumahan Citra Grand City Palembang, Senin (28/11).

Kegiatan ini dihadiri Asisten III Bidang Kesejateraan Rakyat Setda Provinsi Sumsel Ahmad Najib, Wakilwali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel Sigit Wibowo serta perwakilan FKPD dan SKPD dilingkup Pemprov. Sumsel.

Asisten III Setda Provinsi Sumsel Ahmad Najib membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, di antaranya berisi tentang luas lahan kritis di Indonesia tercatat 24,3 juta hektar yang tersebar hampir di seluruh wilayah provinsi/kabupaten/kota. Lahan kritis menjadi masalah yang cukup serius, dengan segala akibatnya seperti banjir bandang Garut, juga tahun sebelumnya longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah.

“Upaya atasi lahan kritis paling cepat dengan penanaman kembali. Untuk itu, menanam pohon menjadi sangat penting untuk kita lakukan bersama di seluruh Indonesia. Sudah saatnya semangat menanam pohon ada dalam diri kita semua,” katanya.
“Secara umum, mari bangkitkan semangat menanam pohon untuk selamatkan alam, selamatkan kehidupan kita. Kembalikan hutan kita dan hutankan halaman rumah kita. Juga hutankan dengan pohon buah-buahan, dan pohon serba guna,” imbuh Ahmad Najib.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sumsel khususnya Gubernur Sumsel yang telah memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan Kota Palembang dan menjadikan Palembang sebagai penyelenggara puncak acara HMPI tingkat Provinsi Sumsel.

Menurutnya, Pemkot Palembang sampai saat ini terus melakukan berbagai upaya dalam memperluas ruang terbuka hijau di antaranya dengan menyebarkan lima ribu lebih bibit batang pohon. Fitrianti menjelaskan, tahun 2016 ini pihaknya menargetkan penanaman pohon sebanyak 20 ribu pohon di Kota Palembang.

“Saat ini sudah tertanam lebih dari 25 ribu pohon diwilayah Kota Palembang terdiri dari Mahoni, Plamboyan, Ketapang Kencana, Trembesi dan lainnya. Selain menciptakan ruang terbuka hijau, upaya pengelolaan aliran sungai juga terus kita lakukan dengan melibatkan berbagai pihak,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel, Sigit Wibowo selaku pelaksana kegiatan mengatakan, puncak HMPI ini secara serentak dilakukan diseluruh Indonesia, ditujukan sebagai sarana edukasi dan mengajak komponen bangsa melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon agar mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor.

”Kita melibatkan banyak pihak seperti unsur Pemerintah Provinsi Sumsel, Kota Palembang, TNI, Polri, Pramuka dan Lainnya. Kita juga melakukan penyerahan bibit pohon ke sekolah-sekolah dan masyarakat serta beberapa kegiatan lomba penghijauan,” pungkasnya.adv/hms