SFC Gagal Amankan Poin Penuh

 

 

logo-sfc-kuning

Palembang – Menjamu Barito Putera di pekan ke-30 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, Sriwijaya FC gagal mengamankan poin penuh di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Senin (28/11). Tim yang dibesut Widodo C. Putro ini tak mampu  membendung serangan dari Laskar Antasari hingga menit ke-90.

Awalnya, Supardi cs kebobolan tiga menit usai wasit meniupkan peluit babak pertama. Dengan cepat, Sriwijaya FC membalas melalui kaki Alberto ‘Beto’ Goncalves di menit ke-36. Untungnya, Sriwijaya FC brhasil unggul sementara dari gol bunuh diri yang dibuat oleh pemain Barito Putera, M. Robi, sebelum akhirnya dibalas oleh Yongki Ariwibowo di menit ke-81.

Babak pertama berlangsung dengan tempo pelan. Sriwijaya FC mencoba menusuk dengan cepat meskipun benteng pertahanan Barito. Naas, laga baru berjalan tiga menit, Paulo Oktavianus Sitanggang berhasil menjebol gawang yang dijaga Try Hamdani Goentara. Skor unggul sementara 0-1 untuk tim tamu.

Tekanan bagi Supardi cs bertambah. Kubu Sriwijaya FC mulai kehilangan kesabaran untuk mencetak gol. Beberapa peluang diciptakan mulai dari menit ke-13, menit ke-28 hingga blunderdi menit ke-34. Tim yang dibesut Widodo C. Putro ini belum bisa menembus benteng pertahanan yang dipimpin oleh Thierry Gathuessi, eks-Sriwijaya FC.

Pada akhirnya di menit ke-36 Laskar Wong Kito berhasil menyamakan kedudukan. Beto yang berduel Therry Gathuessy berhasil memenangkan pertarungan dan menyarangkan bola di gawang Lim cs. Tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan setelah beberapa kali percobaan untuk mencetak angka.

Babak kedua, tim kembali memulai dengan skor seri. Dua kubu tersebut tampak mengganas lantaran masing-masing mengincar poin penuh di stadion GSJ Palembang. Beruntung, gol bunuh diri terjadi di menit ke-59. Kala itu Firman Utina memberi trough pass kepada rekannya yang tengah bergumul di depan gawang Barito. Sayang, bola menabrak pemain tengah barito M.Robi hingga mengubah jalur bola. Sriwijaya FC unggul 2-1.

Sriwijaya FC pun tampak bergairah. Peluang demi peluang tercipta. Tim yang dibesut oleh Widodo C. Putro ini mencoba kembali menambah angka hingga babak kedua usai. Pada menit ke-79, umpan manis diberikan oleh Hilton Moriera di depan gawang dan berhasil disundul oleh Beto. Sayang, bola melayang jauh di atas mistar gawang.

Malang bagi tuan rumah, Yongki Aribowo berhasil menyamakan skor di menit ke-81. Umpan yang diberikan Amirul Mukminin diberi sedikit sentuhan melalui kakinya hingga jalur bola berubah. Beberapa pemain termasuk kiper Sriwijaya FC terkecoh, skor menjadi 2-2.

Beto mencoba menembak setelah mendapat umpan dari Hilton Moriera di menit ke-89. Sayang, kembali melambung di atas mistar gawang. Hingga babak kedua usai, Sriwijaya FC harus rela berbagi poin dengan Sitanggang cs dengan skor 2-2. Laskar Wong Kito tetap bertengger di posisi keenam dengan perolehan 47 poin, sedangkan Barito Putera naik posisi ke-17 dengan mengantongi 25 poin. (korankito.com/resha)

Susunan Pemain

Sriwijaya FC: Try Hamdani Goentara (PG), A.A. Ngurah Wahyu Trisnajaya, Mauricio Maciel (M. Andes Adinata 79’), Supardi Nasir (K), Firman Utina, Hafit Ibrahim (Airlangga Sutjipto 84’), M. Ridwan (Yohanis Nabar 61’), Zalnando, Alberto Goncalves, Hilton Moriera.

Pelatih: Widodo C. Putro

PS Barito Putera : Imam Arief Fadilah (PG), Fathul Rachman (Ambrizal 63’), Nazar Nurzaidin, Thierry Gathuessi, Adam Alis Setyano (Arie Sandi 84’), Amirul Mukminin (K), Lim Jun Sik, M. Aef Maulana, Paulo Oktavianus (Agi Pratama 57’), Yongky Aribowo.

Pelatih: Yunan Helmi