Peringatan Hari Guru di Lahat Lewat Lokarkarya

 

HARI GURU: Barisan depan tampak Anggota DPR RI Sri Meliyana (tengah) didampingi Ketua PGRI Lahat Sutoko (kiri) hadir dalam lokakarya peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-71 PGRI, Senin (28/11)/ Foto/Humas

HARI GURU: Barisan depan tampak Anggota DPR RI Sri Meliyana (tengah) didampingi Ketua PGRI Lahat Sutoko (kiri) hadir dalam lokakarya peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-71 PGRI, Senin (28/11)/ Foto/Humas

 

Lahat – Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Kabupaten Lahat diisi dengan lokakarya bertajuk Kita Bangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Menuju Lahat Cerdas 2018, Senin (28/11).

Ketua PGRI Lahat Sutoko menyampaikan, sejak lahir PGRI yang bersifat unitaristik, independen, dan nonpolitik praktis. ‘’PGRI merupakan organisasi profesi, perjuangan, dan ketenagakerjaan, yang selalu berupaya mewujudkan guru yang profesional, sejahtera, dan bermartabat, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia,’’ paparnya dalam acara yang di buka oleh Asisten IV Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat Iskandar.

Menurut Sutoko, guru sepanjang perjalanan sejarah Bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Guru merupakan salah satu komponen yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk mencapai tujuan nasional mencerdaskan bangsa sejak masa penjajahan.

‘’Guru harus menjaga solidaritas dan soliditas bersama komponen lainya. Dan Guru harus berupaya menjaga kebersamaan dan menghindari perpecahan antarsesama,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lahat itu.

Ia menjelaskan, lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen budaya mutu bendidikan di kalangan guru dan pemangku kepentingan, meneladani semangat dan didikasi guru, mendorong kepedulian pemerintah serta membangun dan memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan anggota serta meningkatkan kepercayaan masyarakat pada guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sementara itu, pesan Bupati Lahat Aswari Riva’i yang dibacakan Asisten IV Iskandar menyebutkan, dalam dunia pendidikan peranan guru memiliki peran yang amat mulia dan amat strategis. ‘’Oleh karena itu berbanggalah Anda menjadi seorang guru sebab di tangan para guru, pamong, dan tenaga kependidikan, masa depan bangsa kita menjadi taruhan,’’ ujarnya.

Bupati juga mengatakan, tidak ada sosok sukses yang tidak melewati sentuhan seorang guru. Kita bisa berdiri tegak saat ini juga karena pernah ditempah oleh para guru.

Kegiatan lokakarya HGNdibagi empat kelompok dan di ikuti oleh seluruh guru bersertifikasi mulai tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Lahat. Dengan narasumber Anggota DPR RI Komisi X  Sri Meliyana, bersama motivator pendidikan kreatif Namin AB Ibnu Solihin. (Hasyim)