Ground Breaking Tugu Belido Dimulai

 

img-20161128-wa0014

Ground Breaking – Wawako Palembang, Fitrianti Agustinda melakukan pengeboran tanda dimulainya pembangunan Tugu Belido di Pelataran BKB, Senin (28/11). Foto/Ria

Palembang – Sempat tertunda beberapa kali, pembangunan Tugu Belido akhirnya dimulai. Ground breaking pembangunan Tugu Belido ini ditandai dengan pengeboran yang dilakukan langsung oleh Wakil Walikota (Wawako) Kota Palembang Fitrianti Agustinda dan jajaran PT bukit Asam (Persero) Tbk.

Direktur SDM dan Umum PT Bukit Asam (Persero)Tbk, Suryo Eko Hadiyanto mengatakan pembangunan Tugu Belido ini merupakan CSR dari PT Bukit Asam yang kesekian kalinya. “Kegiatan CSR ini merupakan komitmen kami berkembang bersama lingkungan,” ungkapnya usai Ground Breaking Ceremony Pembangunan Tugu Belido, di Benteng Kuto Besak (BKB), Senin (28/11).

Eko mengungkapkan PT. BA sangat tertarik dengan konsep yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Palembang yang ingin melestarikan ciri khas Kota Palembang yang terkenal dengan Ikan Belidonya yang direfleksikan melalui sebuah tugu. Dimana tugu Ikan Belido ini nantinya digadang-gadangkan akan mirip Patung di Singapura.

Dengan tinggi mencapai 12 meter, panjang 22 meter dengan material dari tembaga yang dilapisi perak, pembangunan Tugu Belido ini menelan biaya sebesar 3,4 miliar.Nantinya tugu ini juga akan dijadikan sebagai air mancur, dimana air akan keluar dari mulut ikan. Diharapkan melalui pembangunan ini nantinya dan menjadi salah satu daya tarik wisata Kota Palembang.

“Apalagi BKB merupakan pusat berkumpulnya masyarakat, Tugu Belido ini tentu akan menarik banyak orang yang melihatnya,” ujarnya.

Dia memastikan, jika tidak ada perubahan rencana pembangunan tugu Belido akan berlangsung selama 9 bulan. Jika pengerjaannya dimulai November ini, begitu proses selesai diperkirakan awal Juli 2017 pengerjaan akan selesai dilakukan.

“Sebelum Asian Games kita pastikan tugu ini sudah berdiri kokoh dan menjadi ikonik khas Palembang,’’ tukasnya.

Sementara itu Wakil Walikota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan daya tarik Kota Palembang akan semakin memancing wisatawan untuk datang ke Kota Palembang. Apalagi dengan adanya Tugu Ikan Belido nantinya yang berada di BKB. “Palembang akan lebih cantik, akan lebih menarik lagi,” katanya.

Ditengah gencarnya pembangunan di Kota Palembng saat ini, menurutnya Pemkot Palembang tidak lupa untuk mengembangkan pariwista sungai. Konsep tersebut menjadi salah satu program dari Pemkot Palembang mengingat Kota Palembang dibelah oleh Sungai Musi yang membentang sepanjang 750 kilometer dengan 9 anak sungainya.

“Sudah tentu Palembang dapat mengembangkan potensi pariwisata sungai kedepannya,” tukasnya. (korankito.com/ria)