Guru ASN Tahun Depan Tak Dapat Pensiun

 

Kepala Sub Bagian Kepegawaian Disdikpora Kota Palembang Nasikhun. Foto/Eja

Kepala Sub Bagian Kepegawaian Disdikpora Kota Palembang Nasikhun. Foto/Eja

Palembang – Bagi tenaga pendidik yang diangkat tahun depan dipastikan tidak akan mendapatkan dana pensiun sesuai dengan amanat UU No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Kepala Sub Bagian Kepegawaian Disdikpora Kota Palembang Nasikhun, kebijakan tersebut telah disosialisasikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). ‘’Nanti kami akan  sosialisasikan juga kepada setiap pendidik PNS yang ada di Palembang,’’ ujarnya kepada wartawan, Senin (21/11).

Ia menyebutkan, kebijakan penghapusan dana masa pensiun pada ASN 2017 nanti memang masih dilakukan secara bertahap. “Informasi tersebut bukan lagi wacana,  melainkan penegasan UU ASN Nomor 5 Tahun 2014. Jadi para calon ASN yang diangkat pada tahun 2017 tidak akan menerima dana masa pensiun yang  mulai diberlakukan per Januari 2017,” jelas Nashikun.

Menindaklanjuti aturan tersebut, lanjutnya, pihaknya belum bisa memastikan bagaimana sistemnya. Namun yang diketahuinya, jika mereka yang akan memasuki masa pensiun akan mendapatkan sistem pesangon langsung, jadi tidak ada lagi sistem pemberian dana pensiun setiap bulan seperti yang sudah-sudah. “Usia ASN yang pensiun saat ini adalah 58 tahun. Sistem pensiun itu akan terlaksana dalam jangka untuk 30 tahun kedepan nantinya, dengan besarnya pesangon tergantung dari golongan dan jabatan terakhirnya,” bebernya.

Menurutnya, tujuan kebijakan ini adalah untuk meringankan beban pemerintah dalam anggaran dana dalam ASN. Maka dari itu MenPAN-RB mengeluarkan kebijakan terbarunya untuk menggantikan kebijakan lama, dimana dalam penerapannya dana pensiun yang diberikan setiap bulan. “Peraturan ini berlangsung di seluruh Indonesia. Jadi cepat atau lambat, kita sebagai ASN harus menuruti kebijakan tersebut. Dengan harapan, kebijakan tersebut dapat lebih mensejahterakan guru,” pungkasnya. (korankito.com/Eja)