Realisasi Jalur Khusus Motor Butuh Waktu Panjang

Wali Kota Palembang Harnojoyo. Foto/Ant

Wali Kota Palembang Harnojoyo. Foto/Ant

Palembang – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berupaya untuk membuatkan jalur khusus kendaraan roda dua. Pembuatan jalur khusus roda dua tersebut untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk pengendara roda dua.

Walikota Palembang Harnojoyo mengungkapkan, pihaknya berencana untuk melakukan pembangunan jalur khusus motor. “Ini untuk kenyamanan pengendara motor dan sepeda di Kota Palembang,” singkatnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Sulaiman Amin mengatakan butuh waktu yang panjang untuk merealisasika jalur khusus kendaraan roda dua (motor) ini. “Hal ini memerlukan kajian lebih mendalam,” ujarnya.

Adanya pembangunan yang sedang dilakukan saat ini menjadi kendala untuk merealisasikan jalur khusus ini. Otomatis pembangunan dijalan protokol harus diselesaikan seperti dijalan Jenderal Sudirman dimana kondisi jalan tersebut mengecil akibat pembangunan Light Rail Transit (LRT).

“Jika dilakukan serentak maka otomatis jalur akan lebih mengecil lagi, karena itu harus didahulukan pembangunan yang utama dahulu,” terangnya.

Menurutnya, untuk kajian sendiri pihaknya akan berkoordinasi dengan forum lalu lintas seperti Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN), Polresta dan beberapa pihak lain. Pembuatan jalur khusus motor ini dikhususkan untuk jalan yang memiliki jalur lebar seperti di Jalan Sudirman, dan bisa juga di Jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara.

“Untuk lebar jalur khusus motor ini yakni sekitar 4 meter, dan diperkirakan motor yang dapat melintas sekitar 4 motor dalam satu jalur,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan, untuk kajian sendiri pihaknya meminta kepada forum lalu lintas untuk dilakukannya pada tahun ini, sehingga dapat ditentukan apakah nantinya dapat dibangun atau tidak. “Mungkin bulan inilah kami akan lempar kajiannya kepada forum lalu lintas,” ujarnya. (korankito.com/ria)