Sutan Bhatoegana Meninggal Dunia


Politisi Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana, meninggal dunia, Sabtu (19/11) pagi. Sutan meninggal di Bogor, Jawa Barat, karena terserang penyakit kanker hati.

Juru Bicara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Akbar Hadi, membenarkan kabar meninggalnya Sutan.

“Telah berpulang ke rahmatullah Bapak Sutan Bathoegana pada hari ini, sekitar pukul 08.00 WIB di Bogor,” kata Akbar Hadi saat dikonfirmasi.

Menurut Akbar, Sutan menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit BMC Bogor, Jawa Barat. Sebelum di BMC, Sutan sempat dirawat di RS Hermina Bandung, kemudian dipindahkan ke RS Medistra, Jakarta Selatan, sekitar dua hingga tiga pekan.

Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Max Sopacua yang sempat menjenguk Sutan beberapa waktu lalu mengatakan, selain karena kanker hati, secara psikologis Sutan juga tampak tertekan karena harus menjalani hukuman 12 tahun penjara.

Kondisi kesehatan mantan Ketua Komisi VIII DPR itu, semakin menurun. Ia terlibat kasus suap terkait pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan Tahun 2013 untuk Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sekadar informasi, Sutan mendekam di Lapas Sukamiskin untuk menjalani masa hukumannya. Ia divonis 12 tahun penjara setelah Mahkamah Agung memperberat hukumannya. Sebelumnya Sutan divonis 10 tahun atas kasus korupsi yang menjeratnya. Sutan masuk ke Lapas Sukamiskin pada Kamis, 26 Mei 2016.

Semasa hidupnya, pria murah senyum ini, dikenal karena jargonnya ‘Ngeri-ngeri Sedap’. O wib / berbagai sumber