Sumsel Kembali Gelar Kejuaraan Voli Pantai Asia Pasifik

VOLI PANTAI : Sumsel akan menggelar kembali Kejuaraan Asia Pasific Beach Volleyball Tour 2017, sebagai ajang uji coba kesiapan Sumsel menghadapi Asian Games 2018. Foto/net

VOLI PANTAI : Sumsel akan menggelar kembali Kejuaraan Asia Pasific Beach Volleyball Tour 2017, sebagai ajang uji coba kesiapan Sumsel menghadapi Asian Games 2018. Foto/net

Palembang-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan menggelar kembali Kejuaraan Asia Pasific Beach Volleyball Tour 2017, sebagai ajang uji coba kesiapan Sumsel menghadapi Asian Games 2018.

Sebelumnya Sumsel telah dipercaya menjadi tuan rumah dari event voli pantai tingkat Asia Pasifik 2016, di venue Voli Pantai komplek Jakabaring Sport City (JSC).

Menurut Bidang Promosi Indonesia Asian Games Organizing Committe (INASGOC) Nirmala Dewi, event ini akan diikuti oleh belasan negara di Asia. Namun sejauh ini masih menunggu entry yang masuk. “Kami berharap event ini akan diikuti lebih dari 12 Negara seperti tahun-tahun sebelumnya. Pendaftarannya sudah mulai dibuka,” ucap Nirmala, Jumat (18/11).

Menurutnya, kejuaraan ini sekaligus test event venue voli pantai Jakabaring untuk Asian Games 2018 di Sumsel, sehingga akan dibiayai oleh pihak INASGOC. Saat ini pihaknya tengah melakukan beberapa persiapan jelang event yang akan digelar tahun depan itu. Mulai dari menyiapkan wisma atlet, kepanitiaan dan juga persiapan venue voli pantai di komplek Jakabaring. “Secara umum Sumsel sudah siap. Termasuk soal fisik venue, nanti akan dipasang tribun, dan kebutuhan lain,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Voli Pantai PP PBVSI Slamet Mulyanto menambahkan, event tersebut secara lisan sudah disetujui oleh pihak AVC. AVC sangat membutuhkan banyak kejuaraan seperti ini, bahkan di Indonesia, setelah digelar di Sumsel pihaknya akan menggelar di daerah lain.”Sekarang kami masih mencari daerah yang pas, untuk menjadi penyelenggara kejuaraan ini selanjutnya,” tutur Slamet.

Ia sendiri telah melakukan peninjauan ke Sumsel terkait persiapan Sumsel untuk event ini. Pihak Sumsel lewat surat dari Ketua KONI Sumsel H Alex Noerdin sudah menyatakan siap. Venue voli pantai di Jakabaring juga dinilainya tidak bermasalah dan siap digunakan. “Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak AVC, karena kemungkinan akan ada TV internasional yang meliput. Kami sedang mencari sponsor yang banyak untuk mendukung event tersebut,” katanya.

Pihaknya juga sudah diajak oleh tim Sumsel membahas renovasi venue voli pantai Jakabaring. “Gambar renovasi venue voli pantai untuk Asian Games sudah kami lihat, tinggal bagaimana mencari finance saja,” pungkasnya. (korankito.com/Resh)