Spesialis Pencuri di Minimarket Dicokok

PENCOLENG DI MINIMARKET: Pura-pura pesan air mineral di minimarket Bherni dan BB gasak belasan slop rokok dekat meja kasir, Jumat (18/11). Foto/Kardo

PENCOLENG DI MINIMARKET: Pura-pura pesan air mineral di minimarket Bherni (tengah) gasak belasan slop rokok dekat meja kasir, Jumat (18/11). Foto/Kardo

Palembang-Berdalih memesan air mineral sebanyak sepuluh kotak untuk mengalihkan perhatian para pegawai minimarket yang sedang berjaga. Bherni dan BB (DPO) pun melancarkan aksinya dengan mencuri sedikitnya empat belas slop rokok dari bilik kasir, Rabu (16/11).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, modus yang dilakukan kedua tersangka yakni, dengan cara memesan minuman yang ada di dalam gudang dan minta diantarkan kerumah, setelah itu minuman tersebut akan dibayar di rumah. Namun, kedua tersangka lagi-lagi mengelabuhi pegawai dengan memberikan alamat palsu.

Usai penipuan dan pencurian tersebut, keduanya langsung kabur, namum sialnya usai beraksi keduanya langsung dilaporkan, karena terekam kamera CCTV dan tersangka Bherni ditangkap anggota Polsek IB l Palembang, sedangkan BB kini dalam pengejaran.

Dihadapan petugas, tersangka (Bherni-red) mengaku jika ia sengaja melakukan pencurian tersebut karena tak mempunyai uang untuk membeli rokok. “Memang benar pak, kami sengaja menipu pegawai itu dengan berpura-pura memesan air mineral yang diantarkan dengan motor,” beber Bherni saat diamankan di Mapolsek IB l Palembang, Jumat (18/11).

Ia mengaku langsung menjual sebagian rokok tersebut, namun belum sempat menikmati hasil curian, dirinya pun berhasil ditangkap lebih dulu. “Satu slop saya jual Rp 170.000 pak, itu sudah dibagi untuk pakai sendiri” ujarnya.

Kapolsek IB I, Akp Handoko Sanjaya di dampingi Kanit Reskrim Iptu Bobby Eltarik mengatakan, Bherni tertangkap saat akan melakukan aksi yang sama di Indomaret kawasan Parameswara. Modus yang dilakukan sama yakni memesan barang dan akan di bayar ditempat. Namun, sialnya saat petugas sudah packing barang, ternyata ada korban sebelumnya bernama Arman datang ke Indomaret Parameswara dan tersangka Bherni langsung diamankan.

“Tersangka di tangkap dengan kasus penipuan dan ia sudah beraksi sebanyak dua kali, untuk rekannya masih dalam pengejaran. Kami mengimbau untuk pihak minimarket lebih waspada lagi, barang bukti yang diamankan sepeda motor, Yamaha mio BG 6586 RC, dan 14 slop rokok berbagai merek ,” pungkas Handoko.(korankito.com/Kardo).