20 Guru SMA Optimalkan Penggunaan ICT

WORKSHOP ICT: Sejumlah guru SMA/SMK tengah menyimak penggunaan ICT dalam workshop yang digelar FKIP Unsri, Jumat (18/11). ICT merupakan teknologi untuk mempermudah proses belajar mengajar. Foto/Eja

WORKSHOP ICT: Sejumlah guru SMA/SMK tengah menyimak penggunaan ICT dalam workshop yang digelar FKIP Unsri, Jumat (18/11). ICT merupakan teknologi untuk mempermudah proses belajar mengajar. Foto/Eja

Palembang – Sebanyak 20 guru tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat optimalkan penggunaan Informasi And Communication Technologies (ICT) dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan mengikuti workshop Pembuatan Evaluasi Belajar Siswa Berbasis ICT di aula induk FKIP Unsri Palembang, Jum’at (18/11).

“Workshop ini merupakan agenda tahunan dan sebagai syarat mata kuliah (MK) untuk mahasiswa program paskasarjana (S2) semester 3 TP FKIP Unsri dan juga guna meningkatkan profesional guru, agar bisa memanfaatkan ICT,” ungkap Ketua Pelaksana Workshop Andi Hari Kusuma.

Melalui kegiatan itu, pihaknya ingin meningkatkan pemahaman guru tentang pembuatan dan evaluasi KBm siswa yang berbasis ICT.  “Tujuannya, agar siswa bisa belajar tidak hanya dengan membaca, mendengar, akan tetapi juga melihat penjelasan berupa animasi juga. Maka dari itu guru harus bisa memanfaatkan ICT,” ujarnya.

ICT sendiri, lanjutnya, benar-benar sangat dibutuhkan dalam sistem pembelajaran terkini. pasalnya, saat ini semua aspek dan sistem sudah mengaplikasikan sistem digitalisasi atau telah berkembang menjadi serba modern dan cara pembelajaran juga harus terus ditingkatkan agar tak ketinggalan zaman.  “Kita sebagai generasi muda harus mengikuti perkembangan zaman dan harus memanfaatkan serta menguasai penggunaan informasi dan teknologi (IT) dalam keseharian kita. Harapan kami dari hasil kegiatan kali ini agar dapat memberikan kontribusi positif terhadap pendidikan, khususnya dalam menyukseskan model pembelajaran berbasis ICT,” pungkasnya. (korankito.com/Eja)