Teknik Elektro Unsri Gelar Kontes Robot Nasional

KONTES ROBOT: Sebanyak 55 tim robotik ramaikan kontes robot nasional dalam gebyar hari jadi Fakultas Teknik Elektro Universitas Sriwijaya ke-39, di Palembang, Kamis (17/11). Foto/Eja

KONTES ROBOT: Sebanyak 55 tim robotik ramaikan kontes robot nasional dalam gebyar hari jadi Fakultas Teknik Elektro Universitas Sriwijaya ke-39, di Palembang, Kamis (17/11). Foto/Eja

Palembang- Sebanyak 55 tim robotik ramaikan kontes robot nasional dalam gebyar hari jadi Fakultas Teknik Elektro Universitas Sriwijaya ke-39, di Palembang, Kamis (17/11)

Dalam kontes robot nasional itu ada lima kategori yang diperlombakan, diantaranya lomba senior line follower yang ditujukan kepada mahasiswa dan komunitas robotik. Sedangkan untuk tingkat pelajar ada lomba robotik junior line follower, robot sumo, transporter (robot pengangkat barang) dan yang terakhir yakni kontes ropot pemadam api.

“Pesertanya dari sekolah se-Sumatera Selatan (Sumsel) yang mempunyai kegiatan ekstrakurikuler robotik. Kalau nasional pesertanya ada satu dari Universitas Negeri Jogja,” ujar ketua pelaksana kegiatan sekaligus Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Unsri M. Egi Kurnia Sandi.

Totalnya ada 55 tim dari 14 sekolah se-Sumsel, lima perguruan tinggi serta satu komunitas robotik. “Kontes ini terbuka, jadi tiap peserta bebas mengirimkan sebanyak-banyaknya tim dengan catatan satu tim berisi tiga orang,” tambahnya.

Untuk penilaiannya HME Unsri mengundang tim juri dari klub robotik cometronica dan klub robot teknik elektro Unsri. Menurut Egi, kegiatan ini merupakan agenda tahunan dan ini adalah gelaran yang ke empat. “Selain untuk peringatan hari jadi yang ke 39 tahun. Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya menunjang akreditasi kampus,” tuturnya.

Tahun ini pesertanya banyak dari tahun lalu, sebab untuk tahun sebelumnya masih ditingkat regional Kota Palembang saja. “Melalui acara ini kami menyiapkan wadah yang menjadi acuan mereka menuju level yang lebih tinggi,” harapnya.

Sementara itu, salah satu peserta kontes Line Follower Junior yang berasal SMKN 3 Sekayu, Mustomi mengaku, pihaknya optimistis untuk bisa meraih gelar juara. Pasalnya, sekolahnya sangat mendukung kegiatan ekskul robotik dengan menyiapkan semua keperluan untuk berlatih dan mengikuti lomba. “Semua biaya dari sekolah kak, mulai dari bahan baku hingga keperluan saat lomba. Kami sendiri mengirim delapan tim, jadi kami yakin dapat meraih gelar juara,” pungkas siswa kelas XII itu. (korankito.com/Eja)