Pemilihan Akhi dan Ukhti MAN 1

AKHI/UKHTI : Sejumlah peserta tengah memperagakan kemampuannya dalam acara pemilihan Akhi dan Ukhti MAN 1 Palembang, Kamis (17/11). Foto/Eja

AKHI/UKHTI : Sejumlah peserta tengah memperagakan kemampuannya dalam acara pemilihan Akhi dan Ukhti MAN 1 Palembang, Kamis (17/11). Foto/Eja

Palembang – Sebanyak 46 pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang berebut gelar ‘Akhi dan Ukhti’.

Puluhan peserta itu terlebih dahulu menjalani beberapa tes antara lain, catwalk atau berjalan berlenggak-lenggok menggunakan pakaian sesuai tema acara di depan juri dan penonton, kemudian tes tanya jawab serta unjuk bakat yang dimiliki.

Para peserta dinilai oleh lima juri dari perwakilan guru dan Kepala MAN 1 Palembang. Pemenangnya ditentukan berdasarkan akumulasi nilai yang diberikan juri dari tiga tahapan tes yang dijalani para peserta. “Selain memperebutkan gelar Akhi dan Ukhti, para peserta lain yang tidak mendapatkan gelar tersebut akan diberikan beberapa gelar duta sekolah,” ujar Kepala MAN 1 Palembang Buchari melalui Waka Humasnya Kemas Ar Panji disela pemilihan Akhi dan Ukhti kepada Koran Kito, Kamis (17/11).

Menurut Kemas, ada beberapa gelar lain yang akan diberikan kepada peserta yaitu, Duta Berbakat, Duta Adiwiyata, Duta Religi, Duta Bahasa, Duta Akademik, Duta ICT (Information Computer adn Technologi). “Ada juga gelar untuk Runner up Akhi-Ukhti, serta gelar Akhi-Ukhti favorit,” tambah Kemas.

Untuk Akhi-Ukhti, lanjutnya, mereka bukannya menonjol di satu bidang saja, melainkan menguasai seluruh pengetahuan baik dari adiwiyata, akademik dan bahasa asing. “Jadi untuk duta yang lain disesuaikan dengan bidang yang dikuasainya saja,” pungkas Kemas. (korankito.con/Eja)