Bisa Dipercaya

Kementerian PUPR Gelar Seminar Pengembangan Palembang Raya

 

SEMINAR PUPR: Dalam rangka pengembangan metropolitan Palembang raya, Kementerian PUPR gelar seminar di aula Fakultas Teknik Unsri, Selasa (15/11). Foto/Azza
SEMINAR PUPR: Dalam rangka pengembangan metropolitan Palembang raya, Kementerian PUPR gelar seminar di aula Fakultas Teknik Unsri, Selasa (15/11). Foto/Azza

Palembang – Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) gelar seminar bertajuk Pengembangan Metropolitan Palembang Raya di Aula Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya (Unsri), Selasa (15/11)

Berita Sejenis
1 daripada 3.097

Staf Ahli Bidang Pembangunan Setda Sumsel Ucok Hidayat mengemukakan, kegiatan seminar ini merupakan kegiatan yang sangat bagus. Tidak bisa dipungkiri bahwa akan  terjadi perubahan yang signifikan terhadap perkembangan Kota Palembang apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan perkembangan infrastruktur semakin digiatkan. “Kita tidak bisa memungkiri bahwa akan mengahadapi perubahan yang signifikan terhadap perkembangan Kota Palembang, dengan adanya Asian Games perkembangan infrastruktur juga semakin digiatkan,” ujarnya.

Kota Palembang, lanjutnya, akan menjadi pusat instruksi dari kota-kota lainnya dengan menjadi kota metropolitan. Melalui seminar ini, diharapkan para akademisi juga memikirkan perkembangan pembangunan di Kota Palembang. Meskipun infrastruktur masih dalam kondisi yang belum maksimal, tetapi hal itu bertujuan untuk menjadi lebih baik dalam memajukan Kota Palembang. “Kita tidak bisa hanya bicara mengenai Kota Palembang sendiri tetapi juga kota disekelilingnya, dan hal ini butuh dukungan dari semua pihak untuk mendukung bukan cuma dari pemerintah saja tetapi juga dari Akdemisi dan Praktisi,” jelasnya.

Sementara itu, Kementerian PUPR melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) juga mendukung pengembangan infrastruktur di kawasan Metropolitan Baru Palembang Raya yang terpilih menjadi tuan rumah event olahraga Asian Games 2018.

Kepala BPIW Kementerian PUPR Rido Matari Ichwan  mengatakan, salah satu bentuk dukungan yang dilakukan BPIW yaitu dengan melakukan perencanaan pengembangan infrastruktur PUPR terpadu di kawasan metropolitan baru tersebut. Pengembangan infrastruktur Kawasan Metropolitan Palembang Raya dilakukan dengan memperhatikan peran Palembang Raya sebagai Pusat Pertumbuhan Utama di Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) Merak-Bakauheni-Bandar Lampung-Palembang-Tanjung Api-Api (MBBPT), yang dilakukan secara terpadu untuk mengatasi permasalahan perkotaan dengan mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan kebijakan-kebijakan terkait.

Pengembangan infrastruktur Kawasan Metropolitan Palembang Raya direncanakan sebagai upaya untuk mewujudkan prinsip-prinsip pengembangan kota cerdas berkelanjutan. “Pengembangan infrastruktur yang terpadu untuk mewujudkan Metropolitan Palembang Raya yang berdaya saing, berkelanjutan, dan kembali Berjaya di wilayah Barat Indonesia,” tutupnya. (korankito.com/Azza)