Penyelam Harus Punya Sertifikat

MENYELAM: Olahraga menyelam tidak cukup dengan memilik kemampuan berenang tetapi diperlukan pula sertifikat. Foto/Net

MENYELAM: Olahraga menyelam tidak cukup dengan memilik kemampuan berenang tetapi diperlukan pula sertifikat. Foto/destination360.com

Palembang-Banyak yang tak mengira, aktivitas menyelam hanya membutuhkan teknik berenang yang baik. Padahal, untuk melakukan hobi semacam itu, mereka juga perlu dibekali dengan sertifikat khusus.
“Berbicara olahraga selam itu harus dan wajib memiliki sertifikat untuk menyelam. Hal ini, guna menimalisir kejadian yang tidak diinginkan pada saat menyelam. Oleh karena itu kami mengajak masyarakat baik pemula agar mendapatkan sertifikat selam tersebut,” ujar Ketua Umum Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Palembang Deven Hanyaken.
Sertifikat itu sendiri bermanfaat besar bagi pecinta olahraga di kedalaman air tersebut. Sertifikat tersebut bisa digunakan untuk melakukan kegiatan fun diving, bahkan mereka yang ingin bekerja di bidang biologi, kelautan dan lingkungan bisa menggunakannya untuk mempermudah urusan administrasi hal tersebut.
Deven juga mengatakan, sebelum mengambil sertifikat tersebut, mereka akan dibekali dengan beberapa keterampilan khusus yang berhuubungan dengan kelautan. Misalnya, jenis-jenis alat dasar Selam, alat Scuba Diving, teknik-teknik Scuba Diving, Sejarah Penyelaman, Fisika Penyelaman, hingga belajar cara menentukan perencanaan kegiatan Diving yang aman dengan menggunakan Dive Table.
“Untuk mendapatkan sertifikat meyelam ini sendiri, berupa pelatihan menyelam. Bukan saja diberikan pengetahuan dasar menyelam, tetapi hewan yang tidak boleh didekati pada saat meyelam. Itu semua terangkum dalam pelatihan sertifikat menyelam. Oleh karena itu kami mengajak pecinta meyelam untuk mengikuti pelatihan yang pertama kali dilakukan di Palembang,” pungkasnya. (korankito.com/Resha)