Bisa Dipercaya

Saksikan Supermoon Besok Malam

SUPERMOON:  Bulan mencapai fase purnama di titik terdekat dari Bumi. Karena berada di titik terdekat maka purnama akan terlihat  besar dan terang, pada pukul 20.52. Foto/net
SUPERMOON: Bulan mencapai fase purnama di titik terdekat dari Bumi. Karena berada di titik terdekat maka purnama akan terlihat besar dan terang, pada pukul 20.52. Foto/net

Palembang – Tahun ini barangkali memang tahun keberuntungan bagi Indonesia. Tentu masih lekat dalam ingatan kita bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara yang bisa menyaksikan gerhana matahari total pada awal Maret lalu. Belum lagi dua gerhana bulan penumbral yang kesemuanya bisa disaksikan di Indonesia. Dan tidak cukup itu. Kini Indonesia pun akan menjadi lokasi ideal untuk mengamati supermoon pada 14 November 2016.

Supermoon terjadi ketika Bulan mencapai fase purnama di titik terdekat dari Bumi atau perigee. Karena berada di titik terdekat maka purnama akan terlihat sedikit lebih besar dan terang. Bahkan supermoon pada 14 November 2016 akan menjadi yang terdekat, terbesar, dan paling terang sejak tahun 1948 atau setelah hampir 70 tahun. Supermoon akan terlihat 14% lebih besar dan 30% lebih terang dibanding purnama di titik terjauh dari Bumi atau apogee.

Berita Sejenis
1 daripada 3.076

Supermoon sebenarnya bisa terlihat sepanjang malam mulai Bulan terbit di timur saat senja hingga tenggelam di barat saat fajar. Namun meski begitu waktu terbaik untuk mengamati supermoon adalah saat puncak perigee ataupun puncak purnama. Karena jika kita melihat supermoon terlalu jauh dari puncak perigee ataupun puncak purnama maka Bulan akan mulai menjauh dan meredup. Sehingga supermoon tidak akan terlihat maksimal.

Beruntung puncak perigee dan puncak purnama pada supermoon 14 November 2016 akan berlangsung saat malam di Indonesia. Sehingga kita bisa mengamati puncak supermoon karena Bulan sudah berada di atas horison. Lain halnya bagi negara-negara lain yang mengalami puncak perigee dan puncak purnama saat siang. Sehingga tidak bisa mengamati puncak supermoon karena Bulan masih di bawah horison. Dengan begitu untuk mengamatinya harus menunggu sampai malam hingga Bulan mulai terbit.

Tepatnya puncak perigee akan berlangsung lebih dulu pukul 19:27 WIB. Kemudian puncak purnama akan menyusul pukul 20:52 WIB. Pada waktu itu Bulan sudah terbit di seluruh Indonesia dan posisinya sudah cukup tinggi di atas horison. Sehingga supermoon 14 November 2016 akan sangat ideal untuk diamati di seluruh Indonesia. Tanpa terkecuali. (korankito.com/Azza/Kalastro.id)