Gotong Royong, Pemkot Klaim Hemat Anggaran Hingga 250 Juta

fb_img_1479034081654

Palembang – Walikota Palembang Harnojoyo mengklaim kegiatan gotong royong yang dilakukan disetiap hari Minggu memberikan dampak yang sangat besar. Kegiatan gotong royong yang dilakukan disetiap tempat berbeda itu dapat menghemat anggaran hingga Rp 250 juta.

“Kondisinya sungguh memprihatinkan. Ada sekitar 500 meter anak sungai yang kita bersihkan. Jika menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, bisa menghabiskan anggaran sekitar Rp 250 juta,” ujar Harnojoyo usai melaksanakan kegiatan gotong royong di jalan TKR Kadir, Lorong Sailun Kelurahan 36 Ilir Palembang, Minggu (13/11).

Pada kesempatan itu, Harnojoyo menyayangkan kondisi anak sungai Manggis, di RT 30 RW 06 yang terletak di jalan TKR Kadir Kelurahan 36 Ilir Kecamatan Gandus Palembang yang penuh sampah. Menurutnya kurang pedulinya warga sekitar dengan kebersihan menjadikan kondisi anak sungai tersebut tidak terlihat adanya air yang mengalir.

Harnojoyo mengatakan, adanya kegiatan gotong royong yang secara rutin dilaksanakan Pemkot Palembang, diharapkan dapat menimbulkan kesadaran masyarakat, akan pentingnya menjaga kebersihan demi kelangsungan anak cucu dimasa mendatang.

“Seperti hari ini, saya melihat bagaimana anak-anak ikut dalam kegiatan gotong royong. Seharusnya, anak-anak dapat menikmati bersihnya sungai kita, bukan berkubang dalam lumpur yang penuh sampah. Saya berharap ini dapat menimbulkan kesadaran masyarakat kita, agar kedepan tercipta generasi-generasi penerus yang aktif dan peduli terhadap kebersihan,”ujarnya.
Setelah dilakukan kebersihan pada hari ini oleh jajaran Pemkot Palembang, dapat diteruskan oleh masyarakat, agar kegiatan moral ini dapat juga diteruskan oleh generasi-generasi mendatang.
“Sesuai dengan ajaran kita, kebersihan adalah sebagian dari iman, maka wajib untuk kita dapat  menjaga kebersihan lingkungan. Jangan sampai nanti ulah kita berdampak pada bencana besar bagi generasi penerus,” tukasnya. (korankito.com/ria)