SMAN 5 Palembang Sosialisasi E-Kantin

dsc_0107Palembang – Pascditunjuknya Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Palembang sebagai pilot project kantin sekolah elektronik (e-kantin), pihak sekolah mulai menyosialisasikan penggunaan aplikasi e-kantin untuk memesan makanan kepada siswanya.

Kepala SMAN 5 Palembang Sumin Eksan mengatakan, pihaknya menyambut baik program e-kantin dan saat ini secara bertahap pihaknya tengah menyosialisasikan kepada siswa bagaimana cara memesan makanan dari aplikasi yang disediakan.

“Caranya sangat mudah, kita tinggal men-download saja aplikasi e-kantin di playstore smartphone android. Kemudian ikuti saja petunjuk yang tertera diaplikasi tersebut, dan tentu saja harus log in terlebih dahulu dengan akun yang nantinya akan diberikan kepada siswa langsung,” ujarnya, Sabtu (12/11).

Menurut Sumin, semua peralatan dan perlengkapan seperti kartu, scanning barcode, gadget dan pelatihannya. Semuanya disediakan oleh pihak e-kantin, jadi pihaknya hanya menyiapkan seumber daya manusia saja.

“Semuanya disediakan oleh KSE termasuk pelatihan untuk pengelola kantin. Jadi saat ini kami hanya memberikan pemberitahuan saja kepada pihak kantin jika nanti sistem pemesanan dan pembayaran makanan sudah dilakukan melalui gadget,” tambahnya.

Di SMAN 5 Palembang terdapat 10 orang pengelola kantin dengan berbagai makanan yang dijajakan, baik dari makanan ringan hingga makanan pokok. “Biasanya makanannya dimasak dulu di rumah masing-masing pengelola kantin, baru dipanaskan di kantin sekolah ketika hendak dijual dengan catatan dalam waktu pemanasan makanan tidak boleh mengeluarkan asap,” tegasnya.

Salah satu siswa kelas XII SMAN 5 Palembang, Fatur Rahman menambahkan, dirinya sangat tertarik dengan program e-kantin terlebih saat ini kawula muda sudah menguasai penggunaan smartphone. “Jadi lebih mudah pesannya, tidak perlu antri. Selain itu, masakannya juga lebih higienis dan kandungan gizinya seimbang karena diawasi oleh ahlli gizi,” tambahnya. ejak