Tabung Gas Meledak, Dapur Ludes Terbakar

 

TERBAKAR: Dapur rumah Sundari hangus terbakar setelah tabung gas elpiji meledak, Kamis (10/11). Foto/Denny

TERBAKAR: Dapur rumah Sundari hangus terbakar setelah tabung gas elpiji meledak, Kamis (10/11). Foto/Denny

Palembang – Warga yang tinggal di Jalan DI Panjaitan, Lorong Pahlawan III, Kelurahan Plaju Ulu, Kecamatan Plaju Palembang, dikagetkan dengan suara dentuman keras tabung gas elpiji dari rumah Sundari (64), Kamis (10/11) sore.

Akibatnya, dapur rumah Sundari ludes dilalap si jago merah. Beruntung, warga dan petugas Dinas Penanggulangan Bencana Pemadam Kebakaran (PBPK) Kota Palembang cepat memadamkan api, sehingga tidak menghanguskan rumah semi permanen tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun, kejadian tersebut bermula saat Sundari sedang memasak. Diduga, selang gas elpiji bocor, membuat tabung gas meledak yang langsung menyambar perabotan rumah serta membakar plafon triplek.

Melihat kejadian itu, Sundari menjerit meminta tolong sembari memadamkan api. Mendengar jeritan korban, warga pun berbondong-bondong mendatangi rumahnya untuk memadamkan api dengan alat seadanya.

Tak lama, dua mobil PBK dari Pertamina RU III serta PBPK Kota Palembang mendatangi tempat kekadian perkara untuk memadamkan api. Selang berapa jam, api pun dapat dipadamkan. “Saya tidak tahu ya, tiba-tiba kompornya langsung meledak. Syukur apinya tidak merambat kemana-mana. Tetapi kakak perempuan saya sedikit mengalami luka bakar atas peristiwa ini, untung saja tidak terlalu parah,” jelas Sundari saat ditemui di lokasi kejadian.

Sementara itu Kabag Ops Polresta Palembang Kompol Andi Kumara mengatakan, setelah mendapatkan laporan adanya peristiwa tersebut, anggotanya langsung turun ke lokasi kejadian. “Anggota sudah mengamankan TKP dan memasang garis polisi,” ujarnya.

Andi pun menambahkan, pihaknya sudah memintai keterangan saksi serta mengamankan barang bukti, yakni tabung gas 3 kg serta kompor gas yang terbakar. “Kita juga sudah melakukan koordinasi pihak terkait. Kita mengimbau, agar masyarakat waspada terhadap kebakaran di rumah masing-masing,” tegasnya. (Korankito.com/Denny)