Federasi Petanque Asia Dukung Petanque Masuk Asian Games 2018

petanque-6

Palembang – Sebanyak 14 negara yang tergabung dalam federasi Petanque Asia melakukan penandatanganan MoU agar Petanque dipertandingkan di Asian Games 2018. Hal ini merupakan hasil pertemuan dengan federasi Petanque se-Asia di Thailand 4 November lalu.

Diungkapkan Wakil Ketua Pengurus Besar Federasi Olahraga Petanque Indonesia (PB FOPI) Iwan Rosyidi, saat dikonfirmasi. Ia mengatakan pertemuan belasan negara Federasi Petanque Asia ini menindaklanjuti usulan dari Presiden Petanque Asia agar dipertandingkan di Asian Games 2018. Tak hanya itu, Sumsel diusulkan untuk menjadi tuan rumah olahraga asal Prancis tersebut.

“Sekitar 14 negara di Asia melakukan penandatanganan MoU, mengajukan Petanque masuk di Asian Games,  serta mendukung Indonesia khususnya Sumsel menjadi tuan rumah cabor ini di Asian Games nanti. Pengajuan itu sudah kami sampaikan ke pihak INASGOC,” kata Iwan.

Menurut Iwan, hingga kini pihaknya masih menunggu apakah pengajuan ini disetujui atau tidak dari hasil rapat pihak INASGOC.  Apalagi, cabor tersebut memiliki peluang besar untuk meraih medali.

“Pemprov Sumsel  merekomendasi Sumsel menjadi tuan rumah Cabor Petanque.  Karena cabor ini menjadi salah satu cabor berpotensi menyumbang medali,” ujarnya.

Ia menegaskan  Indonesia  layak menyelenggarakan Petanque di Asian Games. Apalagi  Komplek Jakabaring Sport CIty sudah memiliki Venue Petanque berstandar internasional, serta sudah teruji menggelar Petanque di SEA Games 2011. (korankito.com/resha)