Sat Pol PP Bentuk Satuan Khusus Pariwisata

download-5

Palembang – Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Palembang membuat terobosan terbaru dengan membentuk  pasukan Sat Pol PP Khusus Pariwisata Kota Palembang. Pasukan khusus ini dibentuk untuk turut serta mensuskseskan Asian Games 2018 dan Palembang Emas 2018.

Kepala Sat Pol PP Kota Palembang melalui Kasi Kerjasama Sat Pol PP, Budi Norma mengungkapkan, Sat Pol PP  selain bertugas sebagai aparat penertiban dan penjagaan aset-aset milik pemerintah, Sat Pol  PP juga akan membantu mengenalkan dan mempromosikan pariwisata yang ada di Kota Palembang.

“Kita akan bentuk satu pleton khusus sekitar 20 sampai 30 orang yang akan mengenalkan pariwisata di Kota Palembang,” ungkapnya saat dihubungi melalui seluler, Rabu (10/11).

Selama ini para wisatawan yang datang ke Palembang hanya mengetahui beberapa tempat wisata saja. Padahal Palembang memiliki tempat-tempat yang bisa menjadi area wisata bagi pendatang dan wisatawan.

Beberapa tempat-tempat wisata yang bisa didatangi seperti Taman Purbakala Siguntang, Taman Wisata Punti Kayu, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Pulo Kemaro dan yang saat ini sedang akan digarap dan berpotensi jadi area wisata andalan Kota Palembang yakni Benteng Kuto Besak dengan Patung Belido yang akan segera dibangun.

“BKB tetap menjadi fokus pengenalan pariwisata karena berada di pusat kota dan icon Palembang dengan patung Belido-nya nanti. Jadi nantinya akan jadi mirip seperti guide yang akan memperkenalkan tempat-tempat wisata yang ada,” jelasnya.

Budi menambahkan, saat ini Sat Pol PP sedang mengadakan pelatihan kesamaptaan yang diikuti oleh anggota Satpol PP Kota Palembang berlokasi di Asrama Haji. Pelatihan Kesamaptaan ini untuk meningkatkan kemampuan personil Sat Pol PP Kota Palembang, sehingga kedepan diharapkan Sumber Daya Manusia Sat Pol PP Kota Palembang tersebut bertambah handal dan memumpuni dalam hal kemampuan.

“Pelatihan ini sebagai penentu juga dalam membentuk pasukan khusus pariwisata ini nantinya. Ada kriteria khusus selain berpenampilan menarik juga menguasai bahasa inggris karena akan berhubungan dengan wisatawan asing yang datang ke Palembang,” ulasnya.

Lebih lanjut Budi mengatakan, pembentukan Sat Pol PP Pariwisata ini untuk membantu Dinas Pariwisata juga dalam mengenalkan pariwisata di Kota Palembang. Pihaknya pun dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata sebagai instansi yang mengelola pariwisata di Palembang.

Sat Pol PP Khusus Pariwisata ini nantinya akan ditempatkan di area-area wisata yang ada. Untuk seragam sendiri akan dibedakan dengan seragam Sat Pol PP namun tidak menghilangkan atribut dan ciri khas Sat Pol PP. “Rencananya di awal 2017 pasukan khusus pariwisata ini sudah terbentuk dan siap bertugas,” tukasnya. (korankito.com/ria)