Pedagang Pasar Padang Selasa Datangi PD Pasar

foto-demo-1

Palembang – Ratusan pedagang Pasar Padang Selasa Bukit Besar Palembang mendatangi kantor Perusahaan Daerah (PD) Pasar Palembang yang terletak di Pasar Gubah Palembang. Kedatangan ratusan pedagang itu untuk mengadukan nasib mereka terkait adanya kenaikan tarif sewa petak oleh pihak PD Pasar Palembang yang dinilai tidak sesuai.

Fendy, salah seorang pedagang di sana mengaku resah karena kenaikan sewa yang tinggi mencapai 10 kali lipat dari harga biasanya. Bahkan, pedagang terancam tak lagi bisa membayar iuran perbulan karena diminta membayar setahun sekali dengan rincian luas petak dikali iuran perbulan Rp 65 ribu dan dibayar langsung selama satu tahun.

“Biasanya satu petak Rp 40 ribu per bulan. Sekarang diminta pertahun‎ sekaligus. Jika ditotal saya harus membayar sekitar Rp 5 juta. Naiknya mencapai 10 kali lipat,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Operasional PD Pasar Palembang Jaya, Febriyanto menegaskan tidak ada demo yang dilakukan oleh para pedagang pasar Padang. Febri menjelaskan kedatangan puluhan pedagang ke Kantor PD Pasar Palembang Jaya di Pasar Gubah Palembang hanya mengadukan nasib mereka karena dimintai tarif sewa lebih besar oleh kepala pasar.

Tindakan yang dilakukan oleh kepala pasar, menurut Febri bukan memberatkan kepada pedagang. Akan tetapi menghindari mereka dari makelar lapak disana yang sering kali menaikkan harga sewa lapak versi mereka sendiri.

“Tidak ada demo. Kita hanya ingin menghindari mereka dari makelar lapak. Setelah kita jelaskan mengenai perubahan biaya sewa ini mereka mengerti dan mau ikut kita bukan makelar lapak,” jelas dia. (korankito.com/ria)