44 Pertanyaan untuk Ahok dan Gelar Perkara Pekan Depan

USAI DIPERIKSA: Gubernur DKI Jakarta (nonaktif) basuki Tjahaja Purnama telah diperiksa selama sembilan jam dengan 18 pertanyaan, Senin (7/11). Foto/szaktudas

USAI DIPERIKSA: Gubernur DKI Jakarta (nonaktif) Basuki Tjahaja Purnama telah diperiksa selama sembilan jam dengan 18 pertanyaan, Senin (7/11). Foto/Ant

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta (nonaktif) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok baru saja keluar dari gedung utama Mabes Polri setelah diperiksa selama sekitar sembilan jam terkait penistaan agama yang dilaporkan masyarakat, Senin (7/11).

Ahok didamping sejumlah penasehat hukum serta tim sukses calon gubernur DKI yakni Sirra Prayuna dan Ruhut Sitompul dan kawan-kawan.

Dalam keterangan pers yang disampaikan Sirra Prayuna disebutkan, Ahok dicecar sebanyak 18 pertanyaan. ‘’Tadi pak Ahok diajukan 18 pertanyaan, sedangkan pemeriksaan sebelumnya yakni pada 24 Oktober 2016 telah diajukan 22 pertanyaan. Jadi jumlah pertanyaan yang harus dijawab Pak Ahok sebanyak 40 pertanyaan,’’ ujarnya.

Hal itu dibenarkan pula oleh Analis Kebijakan Madya Divisi Humas Polri, Kombes Rikwanto. ‘’Betul totalnya ada 40 pertanyaan berkaitan dengan pernyataan Pak Ahok dalam acara di Pulau Seribu soal pengembangan perikanan,’’ ujarnya kepada wartawan.

Menurutnya, hingga hari ini telah dimintai keterangan 25 saksi dan ahli, kemudian rencananya akan gelar perkara pekan depan. ‘’Gelar perkara akan dilakukan setelah semua keterangan sebelumnya hingga hari ini dikumpulkan,’’ paparnya, sembari menyebutkan tidak akan ada lagi pemeriksaan pada Ahok hingga gelar perkara.

Rikwanto juga menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan setting bagaimana mekanisme gelar perkara tersebut. ‘’Sedang digodok sebab digelar secara terbuka dan sebelumnya belum pernah secara terbuka,’’ tuturnya.

Gelar perkara itu, tambahnya, akan menentukan apakah ada tindakpidana atau tidak.

Sedangkan terkait dengan Buni Yani, pihak polisi juga akan melakukan pemeriksaan dengan bantuan para ahli dan saksi untuk menganalisa yang dilakukan Buni Yani

Pantau Koran Kito menunjukkan, Ahok keluar dari Mabes Polri menumpang mobil Toyota Innova warna silver dengan nopol B 1330 EOM sekitar  pukul 17.00 (korankito.com/Hasjim)