Bisa Dipercaya

Proyek LRT Tidak Pengaruhi Penilaian Adipura

download-4

Palembang – Meski kota Palembang kini berantakan karena pembangunan jalur Light Rapid Transit (LRT), tapi hal itu tidak akan mempengaruhi penilaian Adipura yang saat ini sedang berlangsung. Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang, Thabrani mengungkapkan saat ini tim penilaian untuk Adipura sedang melakukan penilaian untuk kota Palembang. Namun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, penilaian Adipura ini tidak lagi melihat titik-titik mana saja yang akan dinilai.

“Kita tidak tahu titik-titik mana saja yang menjadi penilaian. Penilaiannya keseluruhan,” ungkanya disela-sela kegiatan Uji Emisi kendaraan yang digelar oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Rabu (2/11).

Berita Sejenis
1 daripada 32

Ia menjelaskan, tim penilai Adipura akan melakukan penilaian sampai dengan Jumat nanti. Diharapkan Kota Palembang akan meraih kembali penghargaan dibidang lingkungan tersebut. Meskipun saat ini Kota Palembang sedang hancur oleh pembangunan, toh itu tidak menjadi acuan Adipura tidak akan diraih.

Seperti diketahui saat ini sedang adanya pembangunan Light Rail Transit (LRT), dimana akibat pembangunan ini banyak fasilitas publik seperti jembatan penyebrangan, taman-taman dan lampu jalan terkena imbasnya. Belum lagi kerusakan pada jalan-jalan disekitar pembangunan LRT.

“Tim penilai tentu sudah memiliki kriteria-kriteria penilaian. Perlu saya tegaskan disini pembangunan LRT tidak ada hubungannya dengan penilaian Adipura,” tegsanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pemkot Palembang tetap menjaga kebersihan dan keindahan kota. Seperti taman-taman dan rauang terbuka hijau, tempat pembuangan sampah (TPS), terutama kondisi pasar.

Tim penilai Adipura tentu sudah memiiki penilaian tersendiri untuk kota Palembang yang sedang dalam pembangunan. “Penilaian seobjektif mungkin,” tukasnya.

Sebelumnya, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengungkapkan saat ini tim penilai Adipura sudah sampai di Palembang. Kedatangan tim ini terkait dengan penilaian kebersihan kota untuk mendapatkan piala Adipura. “Tim adipura sudah mulai datangan untuk menilai kota Palembang,” kata dia.

Ia menegaskan, kepada seluruh stakeholder terkait mulai dari RT,RW lurah hingga camat untuk bersinergi membantu menjaga kebersihan kota Palembang. Hal ini dikarenakan agar Palembang ingin tetap terus mempertahankan piala Adipura.

“Saya intruksikan kepada camat untuk bersinergi, bekerja keras menjaga kebersihan kota Palembang agar Palembang tetap mendapatkan piala Adipura,” kata dia.

Dirinya menekankan kepada camat yang ada di kota Palembang agar dapat berada ditempatnya masing-masing untuk mengawal apa yang selama ini didapatkan yakni piala Adipura agar tak terlepas. “Kita sudah mendapatkan piala Adipura ini dengan penuh perjuangan dan ini sudah kesekian kalinya dan harus tetap kita pertahankan,” lanjut dia.

Walaupun saat ini kota Palembang sedang banyak pembangunan namun pihaknya optimis tetap bisa mendapatkan piala Adipura. “Kita optimis walaupun kita sedang banyak pembangunan namun pastinya ada kriteria tersendiri dari penilaian Adipura ini,” pungkasnya. (korankito.com/ria)