Pasang Pipa untuk Suplai Gas Pusri, Pertamina Minta Izin Gubernur

1

Palembang – Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menerima Direktur Komersial PT. Pertamina Gas, Setyawati di ruang rapat Bina Praja Provinsi Sumsel, Rabu (2/11). Kedatangan tersebut untuk meminta izin penanaman pipa gas di wilayah Sumsel.

Menurut Direktur Komersial PT. Pertamina Gas, Setyawati, PT Pertamina rencananya melakukan pemasangan pipa gas untuk meningkatkan ketahanan energi di wilayah Sumsel. “Pipa agas kita melakukan pemasangan mulai dari Grissik (Musi Banyuasin) hingga ke Pusri,” jelasnya.

Saat ini lanjut Setyawati, gas untuk menyuplai di Pusri mengalami penurunan sehingga ada pemasangan gas lain. “Ini kita peroleh dari chonoco philip untuk menjamin reabiliti dari Pusri, kemudian kita siapkan kapasitas gas yang akan mengalir industri Tanjung Api-api (TAA),” tuturnya.

Setelah pemasangan, gas itu bisa digunakan sebagai bahan bakar dan lainnya sehingga menjadi sumber energi. Sementara pemasangan dari Grisik hingga ke PT Pusri mencapai 176 kilometer dengan lebar 20 inci. Rencananya pemasangan pipa ini juga untuk sambungan ke kawasan Tanjung Api-Api.

“Targetnya, Desember 2017 siap grounbreaking. Kami mengharapkan dukungan dari Gubernur Sumsel sehingga bisa terealisasi pada Desember 2017 nanti,” tuturnya.

Sementara Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, sejak dari zaman Belanda gas sudah ada di Sumsel. Bahkan untuk gas sendiri Sumsel lumbung yang besar di Indonesia.

Selain itu juga, Alex menuturkan, dengan penghasilan lumbung gas terbesar, Pertagas bahkan dulunya lahir di Sumsel namun sangat disayangkan untuk kontribusnya kepada Sumsel masih kurang. “Jadi diharapkan PT. Pertamina untuk lebih memperhatikan lagi Sumsel,” tegasnya. (korankito.com/rel)