Incar 3.000 Loker Ribuan Pencaker Serbu Job Fair Di PIM

img-20161102-wa0563

Palembang – Ribuan calon Pencari Kerja (pencaker) memadati atrium Palembang Indah Mall (PIM) untuk melihat langsung lowongan kerja yang disediakan 41 perusahaan dalam gelaran Job Fair yang diadakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Rabu (2/11).

Dari pantauan, meskipun jam operasional Mall belum dibuka, tampak para pencaker sudah berjubel sambil menenteng map cokelat, bahkan ada juga yang tampak sedang mengisi form lamaran.

Tidak hanya mengisi form lamaran secara manual, calon pencaker bahkan ada yang mengisi data melalui komputer dan interview di tempat. Adanya 3.000 loker dengan tawaran beragam yang ditawarkan oleh 41 perusahaan, tak ayal, suasana atrium pun dipadati dengan pencaker yang rela berdesak-desakan demi mencari informasi lowongan kerja (loker).

Salah satu pencaker, Neli mengungkapkan, ia baru saja lulus kuliah di salah satu universitas swasta tahun lalu di bidang akuntansi. “Dengan adanya job fair ini bisa dapatkan pekerjaan yang layak,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan Rais, meski hanya lulusan SMA namun ia ingin mendapatkan pekerjaan yang layak. Maka itu ia sudah mempersiapkan berbagai persyatan untuk datang ke job fair ini. “Saya dengar banyak sekali loker. Mungkin saja ada yang bisa menerima saya,” harapnya.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda yang membuka langsung acara ini mengungkapkan, sangat senang melihat antusias pencaker yang bersemangat mencari kerja. “Setidaknya lewat job fair ini bisa meminimalisir pengangguran. Karena Pemkot Palembang selalu berupaya mempersiapkan lapangan pekerjaan untuk masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Palembang, M Yanuarpan Yany mengatakan, pihaknya sudah mendata perusahaan mana saja yang akan menjaring para Pencaker tahun ini. “Mereka semua sudah melaporkan ke kita tentang loker apa saja yang dibuka. Sehingga kita bisa mendapatkan data yang bisa menjadi rujukan pencaker,” ujarnya.

Adapun beberapa perusahaan yang ikut meliputi jasa asuransi, perhotelan, pabrik, perbankan, jasa pengamanan, distributor, jasa pengirimian, industri barang plastik, keuangan investasi, indsutri makanan, dan dealer. Menurutnya, berdasarkan pendaftar pencaker yang didata pihaknya melalui kartu AK 1, tahun 2015 ada 5.110 pencaker. “Sedangkan tahun ini sampai Agustus tadi berjumlah 2.230 orang dan 140 orang asing,” jelasnya.

Ia menambahkan, pencaker tersebut belum tentu pengangguran. Bahkan angka pasti jumlah pengangguran sendiri tidak statis. “Rata-rata mereka masih ingin mencari pekerjaan lain yang lebih baik. Namun kita berharap dalam job fair kali ini setidaknya mampu memfasilitasi pencaker untuk mencari pekerjaan yang diinginkan,” ujarnya.

Mengenai job fair ini sendiri, tidak dipugut biaya apapun. Pencaker hanya perlu membawa beberapa persyaratan lamaran dan langsung datang di PIM. “Kalau selama ini sering kita gelar di disnaker. Namun karena sering macet takutnya sedikit yang datang. Semoga saja dengan digelar di mall, mampu dijangkau siapapun,” ujarnya. (korankito.com/ria)