Bisa Dipercaya

75 Siswa SMAN Sumsel Ikuti IGCSE

siswa-sman-sumsel-sedang-mengikuti-ujian-igcse

Palembang – Sebanyak 75 siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Sumatera Selatan (Sumsel) ikuti ujian International General Certificate for Secondary Education (IGCSE).

Menurut Kepala SMAN Sumsel Nanang Adi Prayitno, sebagai sekolah bertaraf internasional yang menerapkan dua kurikulum pada kegiatan belajar mengajar (KBM), yaitu kurikulum nasional (KTSP dan Kurikulum 2013) dan kurikulum berstandar internasional.

Ia mengatakan, pelaksanaan ujian IGCSE untuk kelas XI dilangsungkan 17 Oktober 2016 hingga 16 November 2016 terdapat peningkatan jumlah peserta ujian sesi winter dari tahun sebelumnya yang diikuti oleh 75 siswa. ‘’Dalam proses persiapan menghadapi ujian internasional itu para peserta ujian telah mengikuti pelajaran tambahan secara intensif selama tiga bulan,’’ ujarnya, Rabu (2/11).

Selain itu, sekolah juga mengadakan mock examination (ujian bayangan) untuk peserta yang akan mengikuti ujian IGCSE. Mock Examniation sendiri diadakan dalam dua sesi sebelum pelaksanaan ujian IGCSE, pada 22-29 Agustus 2016 dan 10-15 Oktober 2016.

“Sekolah sangat konsisten dengan pelaksanaan kurikulum IGCSE ini. Untuk mendukung itu, sekolah mengadakan mock examination agar para peserta ujian lebih matang dalam menghadapi ujian,” jelas Nanang.

Sementara itu, Koordinator Kurimulum SMAN Sumsel, Kurniawan menambahkan, jika IGCSE examination ini dimaksudkan sebagai persiapan siswa untuk lebih menyadari pentingnya ujian internasional. Sebab,  IGCSE examination itui bisa digunakan sebagai persiapan bagi siswa untuk masuk universitas di luar negeri. “Penggunaan kurikulum IGCSE ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan para siswa dengan kurikulum internasional. Dimana kami mengadopsi dan mengadaptasi kurikulum internasional untuk memperkaya wawasan para siswa,” tambahnya.

Sedangkan Examination Coordinator SMAN Sumatera Selatan Iftita Selviana, teknis pelaksanaannya sangat berbeda dengan pelaksanaan ujian pada kurikulum nasional. Pada pelaksanaan ujian IGCSE setiap tahunnya akan ada kunjungan inspeksi dari Cambridge International Examination (CIE) di Cambridge atau School Development Manager di Jakarta setiap tahunnya. (korankito.com/eja)