Bisa Dipercaya

Aswari Launching Muatan Lokal Alquran

 

img-20161031-wa0029-1024x576

Lahat – Seiring dengan program Lahat Bangkit 2018, ditargetkan Bumi Seganti Setungguan akan memiliki generasi cerdas baca Alquran.

Berita Sejenis
1 daripada 3.079

Hal itu terungkap dalam acara launching kurikulum muatan lokal baca tulis Alquran untuk sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) Kabupaten Lahat, di aula SMKN 1 Lahat, Senin (31/10).

‘’Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, kami nyatakan kurikulum muatan lokal baca Alquran ini resmi diberlakukan dengan harapan Lahat akan memiliki generasi masa depan yang membanggakan dan lebih baik lagi,” tegas Bupati Lahat H Aswari Riva’i, sesaat sebelum memukul gong tanda resmi digunakannya muatan lokal baca tulis Alquran,

Bupati Aswari menaruh harapan pada kurikulum tersebut, karena dengan diberikan pemahaman tentang agama sejak usia dini dengan kuat dan baik, kedepan diharapkan akan pula terbentuk generasi yang agamis, bermental serta berakhlak terpuji, demi pembangunan disegala segi yang lebih baik pula.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lahat Sutoko berharap hal yang sama. Menurutnya, acara itu merupakan tonggak awal perubahan dunia pendidikan di Kabupaten Lahat. Sutoko mengatakan, pemahaman terhadap Alquran merupakan kewajiban bagi semua pihak, terutama sekali bagi dunia pendidikan. Selain demi membentuk mental dan juga akhlak generasi muda, sebagai modal awal dalam melaksanakan pembangunan. ‘’Hasil pemikiran bersama maka disepakati serta disetujui oleh jajaran Pemkab Lahat, akhirnya kegiatan muatan lokal baca tulis Alquran dimasukkan dalam sistem kurikulum pembelajaran di Lahat, khususnya dikalangan siswa setingkat SD dan SMP,’’ paparnya.

Sedangkan Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Lahat, KH Khusnuddin Karim sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pemkab Lahat terkait dengan muatan pelajaran agama itu. Ia menyebutkan, kondisi saat ini begitu kompleks sekali karena banyaknya pengaruh buruk dari yang namanya modernisasi dan jika tidak dibekali dengan kegiatan positif dan beragama bukan tidak mungkin generasi muda Lahat akan menjadi rusak dan bobrok. “Kami sangat mendukung program dan kurikulum ini, dan jika memang kedepan kami dimintakan tolong demi efektivitas kegiatan, LPTQ Lahat menyatakan 100 persen mendukung penuh dan demi masa depan yang lebih baik,” tegas KH Khusnuddin yang juga hadir dalam acara tersebut bersama Sekretaris Daerah H Nasrun Aswari dan pejabat lainnya. (koran kito.com/Hasjim)