Tak Punya Uang, Fajudin Bobol Toko Kelontong

dscn1444

Palembang – Berdalih tak mempunyai uang untuk kebutuhan hidup, membuat Fajudin Efendi (38) nekat membobol toko kelontong milik Nyimas Mariyam (38) warga Perumahan OPI, Jalan Anggrek II, Kelurahan 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I Palembang, Senin (24/10) pagi.

Atas ulahnya itu, pria yang tinggal di Jalan Talang Pete, perumahan Darma Agung, Kelurahan Plaju Darat, Kecamatan Plaju Palembang ini, harus mendekam di sel tahanan Mapolsek SU I Palembang, sstelah diserahkan warga usai menangkap tangan perbuatan pelaku.

Menurut pengakuan tersangka, ia nekat melakukan pencurian tersebut lantaran tidak memiliki pekerja yang layak. Rencananya, barang hasil curian itu akan dijualnya, serta uangnya digunakan untuk kebutuhan hidup.

“Baru pertama kali pak melakukannya, iseng-iseng saja tidak ada niat mencuri, awalnya mau beli rokok, tapi tidak ada orang. Rencananya, kalau berhasil separuh untuk digunakan sendiri, sedangkan sisanya akan saya jual, untuk makan,” ucapnya saat gelar perkara, Minggu (30/10) siang.

Berdasarkan data yang dihimpun, aksi pelaku bermuala saat sekitar pukul 07.00. Dimana pelaku saat itu, sedang melintas didepan rumah korban yang dalam keadaan kosong. Kemudian, pelaku masuk dengan cara membuka pagar rumah, dan mengetuk pintu berpura-pura memanggil korban.

Melihat tak ada jawaban dari dalam rumah, Fajudin pun masuk kedalam rumah yang langsung mengambil ponsel merk Samsung korban yang berada di meja tamu. Lalu, pelaku masuk kedalam warung milik Mariyam, mengambil puluhan bungkus rokok yang tersusun di etalase jualan.

Selain mengambil rokok, Fajudin juga mengambil uang recehan sebesar Rp 90 ribu. Usai menguras barang-barang milik korban, pelaku pun keluar rumah. Akan tetapi, saa itulah, pelaku kepergok oleh Mariyam yang lansung menjerit minta tolong, dengan dibantu warga, pelaku diamankan.

Sementara itu, Kapolsek SU I Palembang, AKP M Khalid Zulkarnain melalui Kanit Reskrim Iptu Azwan mengatakan tertangkapnya pelaku, saat anggota Polsek SU I sedang melakukan patroli keliling. Kemudian, mendapatkan laporan dari warga yang mengatakan adanya tindakan pencurian.

“Saat kita datangi ke TKP, memang benar ada kejadian pencurian, langsung kita amankan pelaku berikut barang bukti 32 bungkus rokok, dua kaleng rokok, satu ponsel Samsung, sebuah tas sekolah, dan uang koin Rp 90 ribu ke Polsek SU I Palembang,” jelasnya.

Atas ulahnya itu, pelaku dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana kurungan diatasi lima tahun penjara. (korankito.com/denny)