SD dan SMP Lahat Tambah Muatan Lokal Alquran

sutoko

Lahat – Kurikulum sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah atas (SMP) di Kabupaten Lahat akan ditambah muatan lokal yakni pelajaran baca tulis Alquran yang dilaunching di aula SMKN 1 Lahat, hari ini.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lahat Sutoko menjelaskan,  muatan lokal baca tulis Alquran dipilih dengan harapan para anak didik ditingkatan sekolah tersebut mampu membaca Alquran dengan baik dan benar. ‘’Dengan begitu Insya Allah akan tercipta generasi muda Lahat yang baik, karena lewat pemahaman Alquran semoga dapat pula berperilaku Alquran,’’ ujarnya kepada Koran Kito, Ahad (30/10).

Sutoko menilai, diera globalisasi informasi dan teknologi saat ini banyak sekali pengaruh buruk yang masuk sehingga diperlukan filter yang kuat untuk mengantisipasinya. ‘’Maka itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat berupaya mambuat filter tersebut sejak dini,’’ paparnya, sembari menyebutkan launching muatan lokal baca tulis Alquran itu akan dilakukan Bupati Lahat H Aswari Riva’i atau diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat H Nasrun Aswari dan dihadiri seluruh kepala SD dan SMP.

Lagi-lagi, tambahnya, program tersebut merupakan komitmen Pemkab Lahat pada dunia pendidikan dan termasuh upaya mengembalikan marwah Bumi Seganti Setungguan sebagai kota pendidikan.

Sementara itu, Sekda Nasrun Aswari mengatakan program muatan lokal baca tulis Alquran tersebut merupakan respon dari pemikiran Bupati Lahat H Aswari. ‘’Kemudian menjadi program Pemkab Lahat lewat Disdik yang didukung para alim ulama serta LPTQ Lahat,’’ kata Nasrun.

Ia menegaskan, program itu sangat mendasar dan penting untuk dilakukan, sebab kegiatan keagamaan merupakan kewajiban sekaligus revolusi mental. ‘’Untuk memperbaiki bangsa ini maka yang paling pokok harus ditempa adalah moral dan etika, hal itu kita tanamkan dikalangan anak didik,’’ papar Sekda.

Dalam perjalanannya nanti, tambah Nasrun, program baca tulis Alquran akan dievaluasi apa saja yang menjadi kekurangan serta bagaimana langkah selanjutnya. ‘’Kita akan lakukan evaluasi hingga program tersebut berlangsung optimal. Diharapkan pula di masa akan datang Lahat mampu melahirkan generasi yang menguasai iptek dan imtaq,’’ pungkasnya. (korankito.com/hasjim)