Bisa Dipercaya

Tahun Depan, PLTSa Sukawinatan Bakal Operasional

pltsa

Palembang – Sempat mangkrak setelah diresmikan Walikota Palembang pada awal tahun lalu, Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dijadwalkan akan mulai dioperasionalkan pada awal 2017 mendatang.

Direktur Utama PT SP2J Ahmad Novan mengungkapkan, tahun depan PLTSa ini bakal dioperasionalkan sehingga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat sekitar sebagai pembangkit listrik. “Insya Allah tahun depan kita akan operasionalkan PLTSa Sukawanatan ini,” ungkapnya, Jumat (28/10).

Berita Sejenis
1 daripada 3.093

Ia mengakui, banyak peralatan yang rusak semenjak peralihan dari Dinas Kebersihan Kota (DKK) ke PT SP2J sehingga harus dibenahi lagi. “Ada beberapa peralatan yang sedang dalam perbaikan karena alat-alat yang rusak sehingga tak bisa digunakan,” kata dia.

Peralatan rusak tersebut,  lanjut dia, merupakan peralatan untuk sumur sehingga tak bisa digunakan. “Ada sumur yang peralatannya patah dan juga lepas.Karena itu akan diperbaiki dahulu,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, perbaikan ini juga termasuk ke 50 sumur yang ada disana. Walaupun tak semua sumur rusak, tapi pihaknya tetap melakukan perbaikan secara menyeluruh. “Saat ini sedang dalam tahap pengecekan khusus dan perbaikan. Perbaikan alat, langsung dilakukan oleh pusat dan diperkirakan selesai pengecekan dan perbaikan yang memakan waktu kurang lebih satu bulan akan segera operasional,” ungkap dia.

Seperti yang diketahui, PLTSa ini menghasilkan listrik dengan kapasitas 500 kw per jam dengan menelan dana sebesar Rp 21 miliar dari APBN. “PLTSa ini juga bisa mengurangi dampak pencemaran lingkungan sehingga lebih aman,” kata dia. (korankito.com/ria)