Sumsel Kirim 35 Pecatur ke Kejurnas

Jpeg

Jpeg

Palembang-Sedikitnya 35 pecatur disiapkan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumsel, menyongsong single event  Kejuaraan Nasional Percasi 2016, di Gedung Kemendikbud RI, 27 November hingga 2 Desember 2016. Tahun lalu, Sumsel berhasil menyabet tiga medali emas dari ajang ini.

Sekretaris Umum Percasi Sumsel Mursili Tjik Aman, tradisi meraih emas harus dipertahankan. “Setidaknya kita harus mempertahankan tiga emas dari tahun lalu di event yang sama. Ini target kita,” ujar pria yang juga ketua Akademi Catur Sumatera Selatan (ACSS) ini.

Srikandi PON Sumsel yang mendulang perak pada pagelaran PON bulan lalu diturunkan dalam skuad inti. Skuad lainnya di antaranya Alivia Novyansari WCM, Nyimas Shieta Prima MPW, Nyimas Sonya Nafa MPW, Xena dan beberapa pecatur dari masing-masing kategori.

“Kita akan turunkan full team dari kategori A sampai G. Karena kita memiliki atlet terbanyak di Indonesia dari akademi, kita minta PB untuk bisa menurunkan 5 pecatur per kategori usia,” jelasnya.

Mursili mengakui Kejurnas kali ini diharapkan mampu memberikan prestasi yang baik bagi Sumsel. Hal ini karena tim yang bakal diturunkan akan mengusung semua kategori. Berbeda dengan PON yang harus legowo karena kategori senior Sumsel bertemu dengan banyak Grand Master.

Kategori yang bakal turun antara lain dibatas usia 18-20 tahun untuk kategori A, 16-18 tahun kategori B, 14-16 tahun kategori C, 12-14 tahun kategori D, 10-12 tahun kategori E, 8-10 tahun kategori F dan di bawah 8 tahun untuk kategori G.resha